Kepala DLH Gorut Minta Masyarakat Tanam Pohon di Kemiringan 45 Derajat

  • Whatsapp
DLH Gorontalo Utara Tanam Pohon di Lingkungan RSUD ZUS
Kepala DKP Gorut, Ilyas lagarusu saat melakukan penanaman pohon di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Umar Sidiki (ZUS) Kabupaten Gorontalo Utara, Jumat (4/02/2021). (Foto: dok. 60dtk)

60DtK, Gorontalo Utara – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas lagarusu meminta masyarakat untuk melakukan penanaman tahunan pada lahan yang berada di kemiringan 45 derajat ke atas.

Menurutnya, pada kemiringan tersebut seharusnya tidak dilakukan pembukaan lahan pertanian, karena itu sudah terhitung merusak ekosistem hutan yang nantinya akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan sekitar.

Bacaan Lainnya

“Untuk daerah-daerah yang berada pada kemiringan 45 derajat ke atas, sebaiknya kita tanami pohon tahunan atau pohon lamtoro,” pinta Ilyas, Kamis (24/02/2022).

Ilyas mengatakan, selain bermanfaat untuk menjaga kestabilan ekosistem hutan, pohon lamtoro juga memiliki banyak manfaat lainnya.

“Karena pohon lamtoro ini sangat banyak manfaatnya, baik dari segi menjaga keseimbangan ekosistem hutan, pohon ini juga memiliki manfaat bagi masyarakat dari segi pendapatan, karena mulai dari biji, sampai dengan akar daripada pohon lamtoro ini bisa dimanfaatkan oleh masayarat,” bebernya.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat Gorontalo Utara untuk bersama-sama membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan, karena lingkungan yang baik akan memberikan manfaat yang baik pula pada kelangsungan hidup setiap orang.

“Mari kita sama-sama menjaga serta merawat alam yang ada di sekitar kita, karena alam akan memberikan kehidupan kepada kita semua jika kita mampu menjaga dan merawatnya. Sebaliknya, alam akan memberikan bencana jika kita secara terus-menerus merusaknya,” tandas Ilyas. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait