Ketuk Sahur: Cara Anak Muda Kampung Bugis Gorontalo Bangunkan Sahur

60DTK – Gorontalo: Anak muda kampung Bugis punya cara tersendiri untuk membangunkan masyarakat Gorontalo agar segera menyantap hidangan Sahur.  Yakni dengan cara “Ketuk Sahur”. Senin, (6/5/2019) dinihari tadi.

Kegiatan mereka berupa menabuh beberapa alat musik perkusi, dan beberapa diantaranya juga ada yang dari bahan bekas dan bambu.

Rutinitas “Ketuk Sahur” seperti ini sudah menjadi budaya untuk anak muda kampung Bugis sendiri, hampir setiap di bulan Ramadhan tiba cara mereka ini ampuh membangunkan orang untuk Sahur.

Anak Muda Kampung Bugis saat melakukan aktivitas “Ketuk Sahur”. Senin, 6/19. Foto: Jubair/60DTK.com

expo

Rute yang mereka lintasi pun meliputi: Tamalate, Ipilo, dan berakhir di kampung Bugis.

Al Darise ketua panitia pelaksana mengatakan, “Ketuk Sahur” yang mereka lakukan ini adalah bentuk Solidaritas anak muda kampung Bugis untuk tetap menjaga budaya “Ketuk Sahur” di kampung Bugis itu sendiri.

“Sebenarnya tujuan lainnya dari ‘Ketuk Sahur’ ini, untuk lebih mempererat tali silaturahim anak muda kampung bugis dan tidak terpecah belah lagi,” ungkap Al Darise.

Ia pun menambahkan, “Ketuk Sahur” ini akan terus mereka lakukan hingga di penghujung akhir Ramadhan.

“Persoalan lama atau tidak, kami tetap akan melakukan ‘Ketuk Sahur’ ini sampai akhir Ramadhan”.

Mengenai masyarakat ada yang terganggu dengan aktivitas mereka, Al meyakini tidak ada yang merasa terganggu, “Bahkan mereka merasa terbantu dan bahagia, karena aktivitas kami tersebut”.

Reporter: Jubair

Penulis: Zulkfili dan Jubair

Editor: Zulkifli

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles