Kondisi Ekonomi Trenggalek Membaik, DPRD Minta Bupati Trenggalek Pertahankan Capaiannya

60DTK-Trenggalek: Melihat kondisi ekonomi makro dan hasil pembangunan sosial di Kabupaten Trenggalek yang terus membaik di tahun ke empat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun anggaran 2019, DPRD Kabupaten Trenggalek meminta Bupati Trenggalek untuk terus mempertahankan capaian tersebut.

Hal ini disampaikan saat DPRD Kabupaten Trenggalek menggelar rapat paripurna untuk mendengarkan pandangan umum fraksi – fraksi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Trenggalek tahun 2019 melalui teleconferece, Senin (30/03/2020).

Baca juga: DPRD Trenggalek Dengar Pandangan Umum Fraksi Terkait Ranperda Usulan Bupati

“Bagaimana pemerintah daerah untuk mempertahankan capaian kinerja makro yang cukup baik ini di tingkatkan pada tahun anggaran berjalan, serta faktor pendorong apa saja penentu atas keberhasilan,” tutur Jubir fraksi PKB, PDIP, PARI, Golkar, PKS, dan Demokrat, Husni Tahir Hamid.

Meski begitu, Husni sebagai Jubir juga meminta penjelasan dari Bupati Trenggalek, terkait kinerja belanja daerah yang masih stagnan pada tahun 2019, di mana belanja masih di bawah 90% dari alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 yang 88,4%.

Baca juga: DPRD Trenggalek Minta Bupati Tegas Sikapi Pengangkatan Guru Tidak Tetap

“Meningkatnya sisa belanja daerah yang tidak terserap jika tahun 2018 sisa belanja tidak terserap sebesar Rp199,6 miliar lebih, pada tahun 2019 sisa belanja hanya sebesar Rp264,9 miliar lebih,” tegas Husni.

 

Pewarta: Hardi Rangga

Comments are closed.