KPU Kabupaten Gorontalo Buka Kotak Suara 31 TPS Jelang Sidang MK

  • Whatsapp
Pembukaan Kotak Suara
Suasana Pembukaan Kotak Suara dari 31 TPS oleh KPU Kabupaten Gorontalo, Berlangsung di Kantor KPU Kabupaten Gorontalo, Jumat (29/01/2021). Foto: Istimewa

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo, membuka Kotak Suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 yang berasal dari 31 Tempat Pemungutan Suara (TPS), di Kantor KPU Kabgor, Jumat (29/01/2021).

Pembukaan kotak suara ini dilakukan guna mendokumentasikan formulir C hasil KWK, Biodata DPTB, Formulir C daftar hadir, dan C pemberitahuan, yang akan digunakan sebagai alat bukti KPU Kabupaten Gorontalo dalam memberikan keterangan di Mahkamah Konstitusi (MK) pada 3 Februari 2021 nanti.

Memang, KPU Kabupaten Gorontalo menjadi pihak termohon dalam perkara sengketa Pilkada Kabupaten Gorontalo yang dilaporkan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo nomor urut 1 dan 4 ke MK.

Saksi Pembukaan Kotak Suara
Sejumlah Saksi dari Empat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Mendatangani Berita Acara Pembukaan Kotak Suara oleh KPU Kabupaten Gorontalo, Jumat (29/01/2021). Foto: Istimewa

“Terkait pembukaan kotak suara pada hari ini, itu sesuai dengan dalil gugatan pemohon di MK. Jadi kita menyiapkan alat bukti yang akan kita sampaikan pada tanggal 3 Februari nanti, atas jawaban termohon,” kata Plt Ketua KPU Kabgor, Rasyid Patamani, di Kantor KPU Kabgor.

“Termasuk alat bukti yang akan kita sampaikan adalah formulir C hasil KWK. Ini sudah kita lakukan pemotretan tadi, itu kita akan cetak ulang, dan itu yang akan kita sampaikan di MK,” tambah Rasyid.

Baca Juga: WhatsApp Bikin Status, Diduga Ada Kaitan dengan Aturan Baru yang Kontroversi

Adapun 31 kotak suara tersebut berasal dari TPS yang ada di sejumlah Desa di Kecamatan Limboto, Telaga, Telaga Biru, Limboto Barat, Talaga Jaya, Tabongo, Pulubala, Boliyohuto, Mootilango, Tibawa, dan Tilango.

“Pembukaan ulang kotak suara ini didasarkan pada PKPU nomor 19 tahun 2020 pasal 71. Yang kedua, surat edaran KPU RI tanggal 22 Desember 2020 perihal persiapan perkara pengajuan perselisihan hasil pemilihan serentak tahun 2020 dan surat edaran KPU RI tanggal 7 Januari 2021 tentang pembukaan kotak suara dalam penyelesaian perselisihan hasil pemilihan di MK,” tandasnya.

Pembukaan kotak suara tersebut disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Kepolisian, dan saksi dari empat paslon.

Pos terkait