KPU Mengharapkan Relawan Demokrasi Tidak Hanya Fokus Pada Partisipasi Pemlih

  • Whatsapp
Foto (Istimewa)

60dtk – Daerah : Fadliyanto Koem selaku ketua KPU provinsi Gorontalo menegaskan bahwa, Relawan Demokrasi yang dibentuk KPU tidak hanya sekadar untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih membaik dan mengalami kenaikan yang signifikan.

“Bukan hanya menaikan angka partisipasi pemilih, namun harus bisa memberikan penguatan terhadap unsur-unsur kualitas demokrasi di Gorontalo,” ujar Fadliyanto Koem.

Bacaan Lainnya

Fadliyanto mengatakan, hal terpenting adalah bagaimana pemahaman masyarakat tentang demokrasi, dan hak pilih mereka digunakan sehingga kualitas demokrasi semakin membaik dengan adanya Relawan Demokrasi ini.

“Kalau kualitas demokrasi di Gorontalo jauh lebih baik, maka secara otomatis angka partisipasi pun akan tinggi,” katanya.

Pihak KPU sendiri menargetkan minimal 80 persen angka partisipasi pemilih di Provinsi Gorontalo mengalami peningkatan.

“Terdapat sejumlah sasaran yang menjadi basis sosialisasi, diantaranya pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, pemilih keagamaan, dan warganet (pengguna media sosial).”

Harapan KPU dengan adanya Relawan Demokrasi sekaligus menjadi mitra strategis, mampu mencerdaskan masyarakat dalam pemilu tahun ini.

Ia pun menambahkan bahwa, relawan demokrasi bentukannya Nasional, sehingga KPU Kab/Kota diminta untuk merekrut sebanyak 330 orang yang tersebar di enam Kabupaten/Kota. (rds)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan