KPU Se-Gorontalo Bentuk Relawan Demokrasi Untuk Sosialisasikan Pemilu

  • Whatsapp
Pihak KPU bersama relawan demokrasi. Foto (Istimewa)

60dtk – Daerah : Komisi Pemilihan Umum (KPU) se- Provinsi Gorontalo mengadakan perekrutan para Relawan Demokrasi yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota, rekrutmen ini menjangkau 330 orang dengan sebaran 55 orang di setiap Kab/Kota.

Melalui ketua KPU Gorontalo Fadliyanto Koem mengatakan, relawan demokrasi akan bertugas kurang lebih selama tiga bulan hingga bulan April mendatang.

Bacaan Lainnya

“Akhir Januari ini, kami rencanakan mereka semua sudah mendapatkan SK,” kata Fadliyanto. Kamis (17/1/2019).

Ketua KPU menjelaskan tugas Relawan Demokrasi nantinya akan membantu KPU untuk mensosialisasikan tentang pemilu, khususnya di daerah yang masih sulit  di jangkau untuk menerima informasi.

“KPU sendiri sudah melakukan pemetaan ‘maping’ untuk wilayah-wilayah yang akan jadi sasaran dari relawan demokrasi akan bekerja nantinya, dan memberikan sosialisasi tentang bagaimana cara berdemokrasi dalam tahun pemilu,” ujarnya.

Dalam hal perekrutan KPU membagi dua segmen, yaitu  wilayah dan basis berdasarkan karakteristik pemilih, pemilih pemula, pemilih perempuan, basis keluarga, disabilitas, dan lainnya.

“Untuk rekrutmen Relawan Demokrasi, kami mengacu pada aturan yang ada. Dia tidak berafiliasi dengan partai politik, untuk pendidikan minimal lulusan SMA, dan harus berdomisili berdasarkan wilayah tempat kerja mereka nanti,” Jelas Fadliyanto.

Ia pun menambahkan, intinya mereka harus mampu memberikan informasi yang benar tentang pemilu dan menjadi pilar demokrasi di wilayahnya masing-masing. (rds)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan