Kue Lopes, Menu Buka Puasa yang Harus Di Coba

Kue Lopes hanya dijual di bulan ramadan saja.

60DTK – Kuliner: Kue Lopes adalah menu khas Gorontalo yang hanya ada di bulan puasa. Kue Lopes sendiri menjadi menu paling diminati masyarakat Gorontalo ketika Ramadan tiba.

Untuk mendeteksi Kue Lopes sangat mudah. Kalian bisa mengintari sepanjang jalan dan akan menemui banyak penjual Kue. Kudapan untuk menu buka puasa yang dijual pun beragam, tak terkecuali Kue Lopes ini.  Seperti halnya Ibu Ilan, penjual Kue yang menjajakan jualan Kue-nya di area pasar sentral Gorontalo lantai bawah, Jumat (17/5/2019).

Ibu Ilan mengaku, penjualan Kue Lopes memang sangat diminati ketika bulan ramadan tiba. “Banyak sekali yang beli Kue Lopes ini.”

Untuk penjualannya sendiri, Ibu Ilan mematok harga dengan sangat murah, dengan harga Rp5000 kalian akan mendapatkan tiga buah Kue Lopes yang akan siap kalian santap pada saat berbuka puasa nanti.

Menurut Ilan untuk membuat Kue ini sangat mudah, bahannya dari beras Pulo (Ketan), setelah jadi, dicampur dengan parutan kelapa yang halus, setelah itu ditaburi dengan gula merah yang mencair yang sudah dicampur dengan Durian. “Sesuai selera saja, kalau biasa banyak orang suka gula merah dicampur dengan durian,” kata ibu Ilan.

Kue Lopes sendiri terdiri dari berbagai varian rasa; ada rasa Vanila warna Putih, Rasa Strowbery warna Merah, dan rasa Pondan warna Hijau.

Keuntungan yang didapatkan dari penjualan Kue Lopes ini cukup menguntungakan bagi sekelas ibu Ilan. “Yah, tetap penjualan Kue Lopes pasti ada yang beli, di pasok setiap hari pasti laku.”

“Berbicara untung penjualan sih, tidak terlalu besar sekali, tapi sudah lumayan. Sehari bisa di pasok 250-300 buah Kue Lopes sehari dan keuntungannya kalau laku semua Rp500.000,” ujar Ibu Ilan dengan raut wajah sumringah ketika pembeli menghampiri jualannya.

Selain murah dan enak, Kue Lopes ini tentu saja bisa menjadi pilihan menu untuk buka puasa, “Paling enak Kue Lopes ini di makan dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat saat berbuka puasa,” imbuhnya.

Penulis: Zulkifli

Comments are closed.