Langkah-langkah yang Harus di Ketahui Pada Saat Gempa Terjadi

  • Whatsapp
Ilustrator Earthquake. Source by google.com

60DTK – Sosial : Fenomena Gempa Bumi memang tak asing lagi bagi kita saat ini. Apalagi kita yang tinggal di Indonesia merupakan salah satu negara yang di lintasi Cincin Api atau yang di kenal dunia dengan sebutan Ring Of Fire. Bukan hanya ring Of Fire Indonesia sendiri di apit okeh tiga lempeng diantaranya, Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng India-Australia.

Berada dalam lintasan Cincin Api tersebut, menyebabkan daerah kita akan sering terkena Gempa. Gempa yang di sebabkan oleh pergerakan lempeng kadang kali bisa membuat kita panik dan tak tahu harus berbuat apa pada saat Gempa terjadi. Akibatnya Gempa akan memakan banyak korban, dari tahun ke tahun dan tahun akan datang.

Bacaan Lainnya

Beberapa langkah harus kita pelajari dan pahami terkait Gempa melanda. Berikut langkah-langkah yang harus kita ketahui sebagai pencegahan bila Gempa terjadi di tenpat kita bekerja, tinggal, dan tempat kita berada.

  1. Keluar dari Gedung atau Bangunan

Pada saat Gempa terjadi, pastikan sesegara mungkin mencari tempat untuk berlindung. Seperti halnya bila kita berada di dalam Gedung atau Bangunan, lekas keluar dari bangunan tersebut. Jangan menggunakan tangga lift, gunakan tangga biasa. Kemudian periksa apa ada yang terluka di sekitar kita, lakukan P3k, setelah itu telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah diri kita atau yang berada di sekitar kita.

  1. Periksa Lingkungan Sekitar

Biasanya setelah Gempa terjadi, kita tak bisa mencari tahu apalagi yang terjadi. Dalam pikiran kita hanya memikirkan keselamatan saja, tapi lupa untuk memeriksa sekeliling paska gempa terjadi. Seperti halnya memeriksa apabila terjadi kebocoran Gas, Kebakaran, hubungan arus pendek listrik, aliran dan pipa air, dan memastikan untuk mematika listrik dan tidak menyalakan api pada saat gempa terjadi dan setelah gempa terjadi.

  1. Jangan Masuk dalam Bangunan

Gempa yang terjadi dapat menyebabkan reruntuhan bangunan, dan utamanya bangunan yang menjulang tinggi. Oleh karena itu, pada saat setelah gempa terjadi, jangan masuk ke dalam bangunan biasanya bangunan tersebut masih bisa runtuh atau roboh akibat gempa yang melanda.

  1. Hindari Berjalan di Sekitar Gempa

Sebisa mungkin menghindari area yang telah terkena gempa, karena hal-hal yang fatal akan terjadi. Misalnya Gempa susulan ataupun bahaya lain setelah Gempa masih ada.

  1. Mendengarkan Informasi

Dengarkan informasi mengenai Gempa Bumi dari radio atau penyalur informasi laiinya terkait gempa (apabila terjadi gempa susulan) dan jangan mudah terpancing dengan isu atau berita dari sumber yang tidak jelas asal usulnya.

Setelah gempa terjadi, segera mungkin untuk mencari instansi penanganan bencana, untuk mengisi angket yang telah di berikan dalam hal ini untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi pada saat gempa. (rds/zm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan