Lomba Jumbara Sahabat Anak Gemilang Meriahkan HAN Tahun 2019

60DTK – KABGOR –  Lomba Jumbara Sahabat Anak Gemilang, akan memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 yang dirangkaikan dengan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke – 74, tingkat Kabupaten Gorontalo.

Rencananya, kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah melalui Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo tersebut akan berlangsung di lapangan  Sport Center, Limboto, pada tanggal 6-8 Agustus Tahun 2019 mendatang.

Kaitannya dengan lomba ini, Ketua PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Armin Naway mengatakan, peserta akan didominasi oleh anak-anak yang menjadi perwakilan dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo.

Menariknya lagi, kegiatan ini tidak hanya melibatkan para siswa atau anak sekolah. Namun, juga diikuti oleh anak-anak yang telah putus sekolah. Diantaranya anak pemulung, penjual asongan, anak pencari jasa di pasar dan lain – lain.

“Lomba ini akan melibatkan mereka tadi dan tampilan mereka tidak harus formal. Akan tetapi gaya natural dari anak-anak itu. Jumbara akan dilaksanakan di lapangan sport center selama dua hari,” kata Fory Naway saat rapat persiapan, Minggu (21/7/2019).

Fory menambahkan, kegiatan itu akan diawali dengan lomba tata upacara baris – berbaris yang akan dikoordinir oleh Ketua PKK Kecamatan bekerjasama dengan Koordinator Wilayah (Korwil) masing – masing.

Lebih lanjut, menurut Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gorontalo itu, tujuan dari kegiatan ini lebih pada bagaimana memberdayakan anak dan ekpresi anak. Selain itu, untuk edukasi anak itu sendiri.

“Apa yang dirasakan oleh anak-anak sekolah akan dirasakan juga dengan anak-anak pemulung, anak putus sekolah, penjual asongan dan anak pencari jasa di pasar-pasar,” jelasnya.

Diakhir, kata Fory, pada lomba jumbara sahabat anak ini akan ada program ruang guru. Hal ini dilakukan guna mengedukasi para anak untuk hal-hal yang baik.

Sementara itu, demi menambah kemeriahan kegiatan tersebut, Fory mengaku bahwa Bupati Gorontalo menyarankan supaya dilaksanakan pemilihan Bupati bagi anak -anak untuk menjadi Bupati sehari dan akan berkantor di ruang Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo untuk melayani proses pemerintahan.

“Peran anak sebagai Bupati sehari ini akan dilaksanakan dan waktunya pada hari H nanti pada Puncak Hari Anak Nasional pada tanggal 8 Agustus. Peranya Bupati serta ajudan dan Sesprinya pun anak-anak,” pungkas Fory Naway. (rls/Andi).