Marten Taha: H.B Jassin Layak jadi Pahlawan Nasional

  • Whatsapp
Pahlawan Gorontalo
Wali Kota Gorontalo Marten Taha memberikan sambutan pada Seminar Nasional di Kantor Perpustakaan Nasional Jakarta, Selasa (22/2/2022). Foto: Istimewa.

60DTK, Gorontalo – Wali Kota Gorontalo Marten Taha menilai Hans Bague (HB) Jassin layak mendapat gelar Pahlawan Nasional. Hal itu dikatakannya pada Seminar Nasional dengan tema “Kepahlawan H.B Jassin Mencerdaskan Bangsa”, Selasa (22/2/2022).

Pada seminar yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta itu, Marten mengatakan sosok H.B Jassin salah satu tokoh pejuang yang membawa nama Indonesia di tingkat nasional lewat karya sastranya.

“Melalui karya-karyanya yang sangat membantu, melalui kegiatan menulis essay, puisi, prosa, dan kritik sastra yang bersifat deduktif dan aspiratif yang telah menginspirasi bagi kita semua,” ungkap Marten.

Marten menambahkan, pengusulan H.B Jassin menjadi Pahlawan Nasional merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah dan masyarakat Gorontalo atas perjuangan yang telah ia tempuh.

“Tapi memang betul-betul bahwa kita harus menghargai karya-karya besar dari Hans Bague Jassin yang telah dipersembahkan bagi Indonesia bahkan dunia,” tutp Marten. (hnd)

Pos terkait