Meningkatkan Kualitas Penduduk Indonesia, Nelson Menilai KKI Penting Dan Srategis

60DTK – KABGOR – Sebagai Ketua Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Provinsi Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, KKI merupakan wadah yang sangat penting dan strategis untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Baginya, setidaknya ada tiga hal yang melandasi pentingnya KKI dalam pembangunan daerah.

“Pertama, di era otonom seperti saat ini, kebijakan seorang pimpinan daerah menjadi sangat penting. Kedua, Presiden RI, Joko Widodo telah menyampaikan bahwa mendorong dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) akan menjadi hal yang akan terus diperhatikan selama lima tahun kedepan,” tutur Nelson saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Munas IV KKI Tahun 2019 di Hotel Santika Premiere, Tanggerang Selatan, Banten, Kamis (12/09/2019).

Baca : Kabgor Terus Berkembang, Kinerja Pemerintahan Nelson Dipuji Kemendes PDTT

Terakhir dan yang paling penting katanya, berkaitan dengan bonus demografi, yakni penduduk yang berada pada usia produktif maupun usia lanjut.

“Karenanya, sangat penting bagi KKI untuk dapat berkontribusi dan mengawal tiga hal tersebut. Dulu kita bicara fisik 100 kali, sekarang kita bicara soal SDM. Bagaimana arah pembangunan daerah oleh bupati, maka koalisi kependudukan menjadi penting,” tegas Nelson.

Pada kegiatan yang sama, Ketua Umum Koalisi Kependudukan Indonesia, Sonny Harry B. Harmadi menjelaskan, pembangunan SDM  – lah yang akan menjadi prioritas dalam pembangunan lima tahun kedepan, mengingat Indonesia mempunyai potensi bonus demografi yang begitu besar.

Baca : Total Fertility Rate 2017 Gorontalo Masih Pada Angka 2,5 Anak Perwanita

“Kalau bonus demografi ditransformasikan menjadi bonus kesejahteraan, maka kita bisa mengalami loncatan yang luar biasa.  Presiden mengatakan bahwa Indonesia akan mampu mentransformasi bonus demografi menjadi bonus lompatan kemajuan jika bisa menciptakan SDM unggul,” ujar Sonny.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo mengharapkan, Munas kali ini dapat dijadikan sebagai evaluasi sebelum melakukan langkah – langkah konkret guna mewujudkan tema yang diangkat dalam Munas tersebut.

“Munas IV KKI Tahun 2019 ini mengangkat tema ‘Meningkatkan dan Memantapkan Kualitas Penduduk Indonesia yang Inovatif, Mandiri, Responsif, dan Berdaya Saing di Era Revolusi Industri 4.0’. Kita harus bisa mewujudkannya,” tukas Eko. (adv/rls/Andi)

 

 

Sumber : Humas Pemkab Gorontalo

 

Comments are closed.