Warga Gorontalo Pasang Bendera Setengah Tiang, Bentuk Penghormatan atas Kepergian B.J Habibie

60DTK – Gorontalo: Meninggalnya tokoh Nasional Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie diringi dengan pemasangan bendera setengah tiang oleh masyarakat Indonesia, tak terkecuali warga Gorontalo.

Rumah-rumah warga, kantor perusahaan swasta dan instansi pemerintah ramai-ramai memasang bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan bagi tokoh Nasional yang punya darah Gorontalo tersebut.

Seperti halnya lurah Heledulaa Selatan, Kota Timur, Gorontalo, menginstruksikan kepada seluruh warga kelurahan agar memasang bendera setengah tiang di depan rumah masing-masing.

Pemasangan itu ditujukan untuk mengenang sekaligus menghormati jasa yang telah diberikan almarhum B.J Habibie kepada dunia, khususnya untuk dunia pendidikan dan teknologi.

“Sejak mendengar kabar meninggalnya mantan Presiden RI ketiga itu, saya langsung menginstruksikan kepada ketua-ketua RT/RW memasang bendera setengah tiang hari ini, sebagai bentuk dukacita dan belasungkawa atas kematian beliau,” ujar Lurah Heledulaa Selatan, Gamarudin Daud, saat ditemui di kantor kelurahan. Kamis, (12/9/2019).

Kata Gamarudin, adanya kedekatan hubungan emosional antara Almarhum B.J Habibie dengan Gorontalo, merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga Gorontalo. Apalagi saat mendengar ia telah berpulang, ada kesedihan yang mendalam yang dirasakan warga Gorontalo dan keluarganya yang ada di sini.

Gamarudin juga turut mendoakan agar kepergian almarhum B.J Habibie diterima amal ibadahnya dan keluarga turut diberikan ketabahan.

“Saya mewakili aparat kelurahan mengucapkan Innalilahi Wa Innailaihi Rojiun atas meninggalnya almarhum B.J Habibie, saya berharap meskipun beliau telah berpulang tapi semangatnya dalam membangun bangsa melalui pendidikan tak akan luntur,” katanya.

Di akhir wawancara Gamarudin pun mengatakan, pemasangan bendera setengah tiang ini akan dilakukan selama tujuh hari kedepan oleh warga kelurahan di Heledulaa Selatan.

Penulis: Zulkifli M.

Comments are closed.