Menkop UKM : Banyak UMKM masih Takut dengan Bank

60DTK – Gorontalo : Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI Teten Masduki mengungkapkan, banyak masyarakat pelaku UMKM masih takut dengan bank.

Hal itu disampaikannya pada kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo saat meninjau Koperasi Metalik Jaya yang memproduksi kain khas Karawo dan Pia, di Bunggalo Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, Minggu (29/12/2019).

“Saat ini pemerintah pusat telah menyediakan pembiayaan lewat perbankan,  dan tidak lagi memberikan lewat bantuan – bantuan. Karena,  bantuan – bantuan itu sebagain besar tidak berhasil menumbuhkan wirausahawan di masyarakat”, ungkap Teten.

Selain itu kata Teten, pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),  mengeluarkan bantuan pinjaman modal atau Kredit usaha rakyat (KUR),  dengan suku bunga enam persen per tahun,  atau lebih rendah dibandingkan suku bunga yang sama tahun sebelumnya.

“Bahkan,  pemerintah memberikan keringanan kebijakan lain yakni tanpa ada agunan dengan nilai pinjaman maksimum Rp50 juta. Wirausaha kita dorong mereka supaya menggunakan KUR”, ujarnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim,  yang turut hadir mendampingi Menkop UKM, menyampaikan rasa terima kasih kepada Teten atas kunjungan ke Gorontalo.

Menurut Idris,  harusnya akhir tahun seperti ini digunakan untuk berlibur bersama keluarga. Tetapi, Menkop masih menyempatkan diri untuk membekali masyarakat pelaku UMKM di Gorontalo.

“Terima kasih pak, saya berharap para pelaku UMKM bisa memanfaatkan kunjungan singkat dari pak Menkop ini, aplikasikan semua yang beliau sampaikan, karena ini untuk kemajuan UMKM kita”, ucap Idris.

Selain berkunjung ke Kabupaten Gorontalo,  Menkop UKM sebelumnya juga hadir di Benteng Ulanta di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Pada kesempatan itu, Ia mengukuhan Asosiasi UMKM se-Kabupaten Bone Bolango. (adv)

Penulis: Kasim Amir
Sumber: Humas Provinsi Gorontalo

Comments are closed.