Mobil Pengangkut Sampah di Gorut Belum Bekerja Maksimal, Ini Alasannya

60DTK, Gorontalo Utara – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu membeberkan bahwa truk yang biasa digunakan untuk mengangkut sampah di setiap wilayah di Gorontalo Utara (Gorut), kini belum bisa digunakan secara maksimal.

“Saat ini kondisi fasilitas (mobil truk) yang kami miliki itu sudah tidak bisa digunakan secara maksimal, karena ada beberapa bagian mobil yang harus segera kami ganti, salah satunya ban mobil yang kondisinya sekarang sudah terlihat benang putih,” ucap Ilyas, Selasa (21/09/2021).

Baca juga: DKP Gorut Akan Salurkan Rumpon Mini ke Nelayan di Sumalata Timur

Kondisi mobil operasional Dinas Lingkungan Hidup Gorut yang memprihatinkan, Selasa (21/09/2021). (Foto: Usman 60dtk)

expo

Sementara itu, saat ini pihak dinas masih menemui kendala dalam hal anggaran. Ilyas membeberkan, sejauh ini anggaran untuk Dinas Lingkungan Hidup belum ada, sehingga upaya untuk memperbaiki fasilitas juga belum dilakukan.

“Dan saat ini kendala kami hanya di anggaran, dan sejauh ini anggarannya belum ada. Kalaupun fasilitas yang ada tetap kami paksakan, yang kami pikir keselamatan petugas kami di lapangan,” jelasnya.

Baca juga: DKP Gorut Tegaskan Pengawasan Aktivitas Laut Kini Bukan Lagi Tugasnya

Oleh karena itu, Ilyas mengimbau kepada masyarakat untuk bisa mengerti dan dapat melakukan upaya penanganan terhadap sampah yang mereka hasilnya. Sebab menurutnya, permasalahan sampah yang ada itu bukan hanya menjadi tugas dinas saja, akan tetapi juga menjadi tugas dan tanggung jawab setiap orang.

“Persoalan sampah ini sebenarnya bukan hanya dibebankan kepada kami DLH, tetapi tugas dan tanggung jawab terhadap pengelolaan sampah ini juga menjadi tugas daripada seluruh masyarakat,” tutur Ilyas. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles