MTQ X Tingkat Provinsi Gorontalo diikuti 229 Peserta

  • Whatsapp
MTQ X Tingkat Provinsi Gorontalo diikuti 229 Peserta
Wali Kota Gorontalo Marten Taha (kanan) menyerahkan Trofi Juara Umum yang diraih kafilahnya pada MTQ IX Tingkat Provinsi Gorontalo kepada Ketua LPTQ Budiyanto Sidiki pada pembukaan MTQ X Tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2022 di Kabupaten Bone Bolango, Rabu (22/6/2022). Foto: Haris.

60DTK.COM – Sebanyak 229 peserta perwakilan dari kabupaten/kota mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) X Tingkat Provinsi GorontaloTahun 2022.

MTQ yang berlangsung di Kabupaten Bone Bolango, Rabu (22/6/22) ini secara resmi mulai tanggal 22 hingga 28 Juni mendatang. Adapun komposisi peserta tersebut terdiri dari Kafilah Kota Gorontalo sebanyak 43 orang.

Bacaan Lainnya

Kabupaten Gorontalo 46 orang, dan Boalemo 34 orang. Kabupaten Pohuwato mengirim Kafilah sebanyak 38 orang, Gorontalo Utara 31 orang, dan tuan rumah Bone Bolango sebanyak 37 orang.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, pelaksanaan MTQ kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Sebelumnya, pelaksanaan MTQ ini biasa berlangsung di lapangan.

“Tahun ini suasananya berbeda, dengan nuansa air yaitu di Telaga Taman Taqwa yang Insya Allah akan menjadi Taman Firdaus,” jelas Hamim mewakili Penjabat Gubernur Gorontalo membuka MTQ itu.

Hamim menambahkan, kegiatan dua tahunan ini selain membumikan Al-Quran di Bumi Serambi Madinah Gorontalo, juga bisa menggerakan perekonomian dengan melibatkan UMKM.

Selain itu Hamim berharap, peserta MTQ dari seluruh penjuru Provinsi Gorontalo bisa menikmati destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

“Jangan cepat-cepat pulang, kunjungilah berbagai objek wisata yang menarik di Bone Bolango,” pinta Hamim.

Sementara itu Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki menjelaskan, penyelenggaraan MTQ X bertujuan meningkatkan motivasi masyarakat terhadap minat baca tulis Al-Quran.

Budi menilai, tujuan lain pelaksanaan MTQ ini ialah untuk lebih memperdalam penghayatan, pemahaman, dan pengamalan isi kandungan Al-Quran.

“Selain tujuan tersebut, MTQ ini juga untuk menjaring dan menyeleksi peserta terbaik yang akan mewakili Gorontalo pada MTQ Nasional tahun 2022 yang akan diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Selatan,” imbuh Budi.

Adapun cabang lomba pada MTQ X ini antara lain yakni Seni Baca Al-Quran, Qiraat Al-Quran, Hafalan Al-Quran, dan Tafsir Al-Quran. Ada juga cabang Fahmil dan Syarhil Al-Quran, Seni Kaligrafi, serta Karya Tulis Ilmiah Al-Quran. (ksm/rls)

Pos terkait