Mucksin Brekat Ingatkan Pemerintah Kota Waspada Hepatitis Akut Misterius

  • Whatsapp
Mucksin Brekat Ingatkan Pemerintah Kota Waspada Hepatitis Akut Misterius
Anggota DPRD Kota Gorontalo, Mucksin Brekat. Foto: Humas.

60DTK.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo Mucksin Brekat mengingatkan pemerintah kota mulai mewaspadai penyakit hepatitis akut misterius.

“Sesegara mungkin pemerintah khsusunya Dinas Kesehatan mempersiapkan diri untuk hal-hal yang berkaitan dengan pencegahan, pengendalian atau penanganan dari hepatitis ini,” ujar Mucksin, Selasa (31/5/2022).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Meski demikian kata Mucksin, di Provinsi Gorontalo memang belum ada kasus yang berkaitan kuat dengan gejala-gejala penyakit yang kebanyakan menyerang kalangan anak-anak tersebut.

Akan tetapi, melihat jumlah kasusnya yang terus bertambah dan sudah muncul di berbagai negara termasuk Indonesia, pemerintah daerah harus mengantisipasi terlebih dahulu.

“Apa yang perlu dikonsultasikan dengan pemerintah pusat, itu harus segera. Jajaran Dinas Kesehatan Kota Gorontalo juga harus intens melakukan komunikasi dan koordinasi dengan rumah sakit dan lain sebagainya,” pinta Mucksin.

Mucksin menegaskan bahwa wujud kewaspadaan sejak dini perlu dilakukan. Andai saja di kemudian hari dugaan kasus hepatitis muncul di Kota Gorontalo, Ia tidak ingin pemerintah atau penyelenggara pelayanan kesehatan jadi kalang kabut.

“Bukan diminta-minta, tapi kalau misalnya akan ada, Kota Gorontalo sudah siap. Istilahnya harus sedia payung sebelum hujan,” jelasnya.

Ia juga memberikan pesan kepada masyarakat agar bisa terhindar dari penyakit hepatitis akut. Ia mengingatkan para warga supaya terus menerapkan Pola Hidup Sehat (PHBS).

“Kita harus menjaga imun tubuh agar tetap kuat, supaya tidak akan mudah terpapar virus,” tandasnya. (and)

Pos terkait