Operator Aplikasi SIDEKA-NG Mulai dilatih

  • Whatsapp
Operator Aplikasi SIDEKA-NG Mulai dilatih
Suasana Bimbingan Teknis Operator Aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan-New Generation (SIDEKA-NG). Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Golden Amalia, Kabupaten Boalemo, Senin (4/7/2022). Foto: Ani.

60DTK.COMDinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo melatih operator aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan-New Generation (SIDEKA-NG).

Pelatihan melibatkan operator desa yang menjadi pilot project Gorontalo Digital lewat Bimbingan Teknis di Aula Hotel Golden Amalia, Senin (4/7/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo Masran Rauf mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman serta kinerja pengelolaan aplikasi ini.

“Di era transformasi digital 401 dan 402 dan seterusnya harus segera kita imbangi dengan upaya meningkatkan SDM berkualitas,” ujar Masran.

Masran menambahkan, hal yang paling mendasar pada pelatihan ini yakni pengelolaan sistem informasi yang lebih aplikatif dengan pengoperasian data.

Pengoperasian data ini lanjut Masran, baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Seperti akselerasi sistem informasi data/kawasan dan utilitas sistem terhadap tata kelola pemerintahan desa/kawasan.

Sementara itu Kepala Bidang Statistik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo, Fatma Biki mengatakan kegiatan ini melibatkan peserta lebih kurang 105 orang.

Fatma Biki menambahkan, keikutsertaan dalam Bimbingan Teknis ini menjadi manifestasi pengelolaan sistem infromasi yang terintegrasi antara provinsi dan kabupaten/kota.

“Yang meliputi akselerasi sistem informasi desa/kawasan, utilitas sistem terhadap tata kelola pemerintahan, integrasi sektor dalam memajukan desa /kawasan yang berbasis digital, serta peningkatan dan penyediaan data, informasi berkualitas dan tepat waktu,” ungkap Fatma.

Bimbingan Teknis ini melibatkan Pimpinan OPD terkait, Camat, Kepala Desa/Kelurahan yang menjadi lokasi Program Gorontalo Digital. (ksm/rls)

Pos terkait