Paripurna Peringatan HUT Ke 18 Provinsi Gorontalo Terasa Seperti Pesta Adat Mewah

60DTK – Gorontalo : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo pagi tadi menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 18 Provinsi Gorontalo, Rabu (5/12/2018).

Ada nuansa berbeda pada pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa tahun ini. Seluruh ruangan sidang DPRD Provinsi Gorontalo itu, dihiasi ornamen adat Gorontalo, layaknya sebuah pesta pernikahan mewah dengan adat Gorontalo.

Mulai dari Lapih – lapih ( ornamen ) khas adat Gorontalo, pahangga yang biasanya terdapat di Puade ( pelamin ), hingga Lale atau janur kuning, semuanya menghiasai gedung DPRD Provinsi Gorontalo itu. Bahkan pada anggota DPRD dan pihak eksetutive yang hadir juga menggunakan pakaian adat seperti Takoa

Pahangga yang biasanya terdapat di Puade ( pelaminan ), nampak menghiasi bagian depan meja pimpinan DPRD Provinsi Gorontalo.

Inovasi kreatif dari pihak Setwan DPRD Provinsi Gorontalo itu, disambut positif Dewan Adat Gorontalo. Ketika dimintai tangapannya, Sekretaris Jenderal Dewan Adat Gorontalo Alim Niode, sangat senang dan mengapresiasi dihadirkannya nuansa adat Gorontalo pada rapat paripurna itu.

“tentu saja dewan adat Gorontalo menyambut dengan gembira, dan Insya Allah tahun – tahun selanjutnya aksesoris yang penuh dengan nilai adat gorontalo menjadi icon utama peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Gorontalo” kata Alim Niode

Rapat paripurna DPRD Provinsi Gorontalo dalam rangka peringatan HUT Provinsi Gorontalo itu berjalan sukses. Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie dalam loran akhir tahunnya, memaparkan sejumlah capaian yang telah diraih satu tahun terakhir ini.(rds)