Pembangunan Infrastruktur di Kabgor Tetap Berjalan Meski di Tengah Pandemi Covid19

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Meskipun penanganan penyebaran Covid-19 masih menjadi prioritas utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo saat ini, namun pembangunan puluhan proyek infrastruktur di daerah tersebut tetap berjalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Romy Sjahrain mengungkapkan, proyek pembangunan yang sementara berjalan saat ini kurang lebih ada sebanyak 26 paket proyek. Sumber dana pembangunan proyek ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabgor, dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Baca juga: Memasuki Akhir Masa Jabatan, Nelson Sudah Selesaikan 90% Pembangunan Di Kabgor

“Jumlah paket proyek yang sementara berjalan saat ini ada 6 proyek di Bina Marga, di Cipta Karya ada 6 proyek juga, kemudian di PSDA ada 4, dan paket proyek dari Penunjukan Langsung (PL) yang dananya dari DAK, sekitar hampir 10 yang sementara berjalan,” ungkap Romy di ruang kerjanya, Kamis (23/04/2020).

Romy mengatakan, dampak dari pembangunan proyek – proyek tersebut juga tidak nanti dapat dilihat saat pekerjaannya selesai, namun juga bisa menjadi lapangan kerja bagi masyarakat lokal di saat pandemi Covid-19 kini.

Baca juga: Nelson Serahkan Proposal Pembangunan Kabgor Kepada Rachmat Gobel

“Seperti keinginan Bapak Bupati, kami sudah meminta kepada para penyedia untuk banyak menggunakan tenaga manusia atau padat karya, dan itu mendapat perhatian. Hampir semua proyek yang berjalan ada kombinasi penggunaan alat berat dan tenaga manusia (tenaga kerja lokal),” jelas Romy.

Lebih lanjut, Ia membeberkan bahwa seluruh proyek yang ada dan pembangunannya yang sementara berjalan ini, diupayakan selesai dalam jangka waktu yang telah ditetapkan dalam tahap perencanaan.

Baca juga: Pembangunan Secaba Di Kabgor, Segera Terealisasi

“Jika melihat progres yang ada sekarang, seperti pembangunan jalan dan food court, mungkin akan selesai pada bulan Juli atau Agustus. Kemudian untuk proyek yang lainnya mungkin pada bulan September 2020 ini,” pungkasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga