Pembangunan Pelabuhan Bilato, Terus di Genjot Pemda KabGor.

  • Whatsapp
Rapat Presentasi laporan Akhir studi Kelayakan Perencanaan Master Plan Pelabuhan Bilato. di Grand Quality siang tadi. 17/12. Foto : Zulkifli/60dtk.com

60DTK – Gorontalo : Pembangunan Pelabuhan Bilato yang di rencanakan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo, semakin di Genjot persiapan perencanaannya.

Melalui rapat presentasi laporan akhir Pekerjaan Studi Kelayakan Master Plan Pelabuhan Bilato, siang tadi menghadirkan sejumlah pihak yang akan terlibat. Diantaranya, pihak  Kabag hukum Pemda, Kades Taulaa, Camat Bilato, Bappeda, PU, Pemda Perumahan Pemukiman (Perkim), KSOP Pelabuhan Gorontalo, KLPP Pelabuhan Tilamuta, Dishub Prov. Gorontalo, PT Pelindo Gorontalo, Balai Transportasi Darat, Navigasi Bitung, dan Team strategic untuk dimintai pendapat terkait rencana kelancaran pekerjaan pelabuhan Bilato ke depan nanti. Senin, (17/12/2018).

Bacaan Lainnya

Pada presentasi laporan akhir tersebut yang bertempat di Grand Quality Hotel, Bupati Kabupaten Gorontalo yang diwakili oleh Selmin selaku Asisten 1 Pemda Kabgor menyampaikan, bahwa kegiatan hari ini adalah laporan untuk tahap pembangunan dari Pelabuhan Bilato.

“ini baru rencana dan belum pembangunan fisik. Banyak juga peserta yang hadir untuk di mintai pendapatanya terhadap pembangunan Pelabuhan tersebut”. Ujarnya.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Selmin pun mengungkapkan dengan adanya rencana pembangunan Pelabuhan Bilato akan mempengaruhi Ekonomi dari masyarakat itu sendiri.

“masyarakat tentunya akan lebih mudah menjalankan perekonomian, dan pembangunan pelabuhan ini akan segera mungkin kami jalankan setelah semua urusan administrasi di penuhi”. Terang Selmin.

Iksan Puata Dehi selaku Kepala Desa Taulaa, mengatakan pembangunan pelabuhan yang direncanakan pada Desa Taulaa akan memiliki dampak ekonomi yang besar terhadap masyarakat Desa Sekitarnya.

“saya mewakili masyarakat Taulaa menyampaikan terimakasih terhadap Pemda Kabgor yang telah memilih Desa kami sebagai tempat pembangunan pelabuhan Bilato nanti.” Ungkapnya

Ia pun menilai, pembangunan Pelabuhan di Desa Taulaa sudah bagus. Bukannya hanya karena lautnya yang dalam tapi pertumbuhan ekonomi yang akan meningkat.

“Dulu itu bekas pelabuhan orang belanda, jadi sangat bagus kalau di jadikan tempat atau pelabuhan ke depan nantinya. Pasti masyarakat banyak di untungkan.”

Pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo melalui Kadisnya Ruslan Tantu menuturkan, pembangunan pelabuhan ini untuk kepentingan semua pihak.

“pelabuhan ini nantinya akan menjadi koneksi dari pelabuhan Kota Gorontalo dan Pelabuhan yang ada di Tilamuta.” Katanya pada saat di wawancarai.

Ruslan pun mengatakan, tahap pembangunan sementara di genjot. Apalagi kegiatan Presentasi hari ini, merupakan pemaparan perencanaan Master Plan Pelabuhan Bilato.

“masih ada beberapa tahap, ini tahap yang pertama. Tahap selanjutnya kami akan melakukan perizinan AMDAL, dan berbagai penyempurnaan dokumen yang di butuhkan nanti.” Jelasnya.

Ia pun menambahkan, keterlibatan semua pihak untuk terus mendukung kelanjutan dari pembangunan Pelabuhan Bilato ini sangat dibutuhkan.

“harapannya, pemerintah daerah Kabgor, Bupati, dan instansi yang terlibat akan terus mendukung perencanaan ini sampai ke pusat nanti dan rencananya 2 tahun lagi pelabuhan Bilato akan menuju ke tahap pembangunan Fisik” Harapnya diakhir wawancara.

Editor : Zulkifli M.

Reporter : Zulkifli M.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan