Pembangunan RS Ainun Habibie, Silakan Dikritik Tapi Jangan Dihambat

60DTK-GORONTALO – Pembangunan Rumah Sakit (RS) dr. Hasri Ainun Habibie, hingga kini menelan anggaran cukup besar. Hal ini membuat banyak orang beranggapan proyek RS ini hanya agar pemerintah bisa unjuk gigi dan gagah – gagahan.

Namun, hal ini ditampik oleh Juru Bicara Khusus (jubirsus) Gubernur Gorontalo, Noval Abdussamad. Memang, Ia mengakui proyek pembangunan RS dr. Hasri Ainun Habibie menelan anggaran cukup besar. Namun, menurutnya hal itu adalah wajar mengingat fasilitas di dalamnya juga adalah fasilitas yang terbaik.

Baca juga : Soal Penundaan Pembangunan RS Ainun, Berikut Penjelasan BAPPPEDA

Ia menegaskan, proyek RS ini adalah upaya pemerintahan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie untuk memenuhi kebutuhan akan layanan kesehatan kualitas terbaik bagi rakyatnya.

“Jadi jelas, ini soal komitmen terhadap rakyat, soal ketersediaan dan pelayanan yang dibuktikan oleh pemerintah, di bawah kepemimpinan Rusli Habibie dan Idris Rahim,” tegas Noval.

Tenaga pendidik di salah satu universitas di Kota Gorontalo itu pun mengurai beberapa keuntungan akan keberadaan RS dr. Hasri Ainun Habibie. Salah satunya, akan memangkas biaya cukup besar, yang selama ini ditanggung pasien ketika dirujuk ke luar daerah.

“Karena dengan ketersediaan tenaga dokter ahli yang hebat, ditunjang dengan alat kesehatan yang terbaik, maka ke depan pengobatan sejumlah penyakit tertentu, seperti operasi jantung, kanker, operasi mata dan lainnya sudah bisa dilakukan di Gorontalo langsung,” jelasnya.

Dengan begitu, menurutnya, ke depan nanti pasien tidak perlu lagi berobat ke luar daerah karena RS dr. Hasri Ainun Habibie akan menjadi RS rujukan regional.

“Mereka yang mendukung atau tidak, sama sama akan merasakan manfaatnya,” tegas Noval lagi.

Namun meski begitu, secara pribadi, Noval berharap proyek pembangunan RS dr. Hasri Ainun Habibie ini bisa mendapat dukungan dari semua pihak, terutama para pemangku kepentingan.

“Silakan mengkritik tapi jangan menghambat, karena program ini menyangkut kepentingan orang banyak,” tukasnya mantap. (rds/rls)

 

 

Sumber : Hulondalo.id

Comments are closed.