Pemkab Gorut Dukung Penuh Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi

60DTK, Gorontalo Utara – Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu mengatakan bahwa pihaknya akan mendukung penuh program nasional tentang penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) di wilayah Gorut.

Menurutnya, program tersebut sangat membantu pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia bagi masyarakat di wilayah Gorut.

Wabup Gorut, Thariq Modanggu saat membuka pelatihan penguatan pemerintah desa dan kecamatan terkait kerja sama desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi di Gorut yang berlangsung di Pulau Mohonggito, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kamis (23/09/2021). (Foto: Istimewa)

“Karena kita ketahui bersama air bersih ini adalah elemen terpenting dalam kehidupan manusia, yang lain boleh tidak ada atau tertunda, tapi untuk air itu tidak bisa, dia harus selalu dipenuhi,” ucap Thariq, Kamis (23/09/2021).

expo

Thariq membeberkan, sejauh ini pembangunan pamsimas di Gorut sudah menjangkau kurang lebih sebanyak 72 desa.

“Sedikitnya 72 desa dari 123 desa yang ada di wilayah tersebut, dan telah dimanfaatkan oleh 30.469 jiwa,” tuturnya.

Data tersebut menandakan bahwa masih ada beberapa desa yang belum bisa terjangkau, sehingga dirinya bertekad agar bagaimana ke depannya seluruh desa yang ada bisa menerima manfaat dari program tersebut, dan hal itu akan didukung dengan kerja sama pemerintah daerah dengan pihak perusahaan umum daerah air minum (PUDAM).

“Angka ini sudah cukup signifikan, tetapi kalau dibandingkan dengan jumlah masyarkat di Gorut tentu masih minim agar bisa mencakup semua kita akan berkolaborasi dengan PUDAM,” jelas Thariq. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles