Pemkot Gorontalo Bagi Pengalaman Program Kerja Kesejahteraan Masyarakat ke Pemda Pohuwato

  • Whatsapp
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha (kanan), bersama Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa saat melakukan penandatanganan kerja sama mengenai penelitian dan pengembangan pembangunan daerah, Senin (27/12/2021). (Foto: Istimewa)

60DTK, Pohuwato – Setiap kepala daerah memang sepatutnya saling berbagi tips dan trik program pemerintah kepada kepala daerah lainnya. Apalagi mengenai program kesejahteraan masyarakat. Hal inilah yang dilakukan oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Pohuwato.

Dalam kunjungan kerjanya ke Pemda Pohuwato, Ia menerangkan bagaimana program “dari lahir sampai meninggal gratis” mampu memberikan kemudahan pelayanan publik kepada warganya.

Bacaan Lainnya
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha (kanan), bersama Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa saat melakukan penandatanganan kerja sama mengenai penelitian dan pengembangan pembangunan daerah, Senin (27/12/2021). (Foto: Istimewa)

“Sebagai Ibu Kota Provinsi Gorontalo, tentu kami merasa terpanggil untuk memajukan perekonomian dan pembangunan di daerah,” ucap Marten saat mengunjungi Pemda Pohuwato, Senin (27/12/2021)

Menurutnya, apabila daerah tidak mampu memberikan solusi kepada warganya untuk mengatasi kemiskinan, maka pemerintah dinilai belum mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Sebab itu kami menggelontorkan program yang namanya gratis lahir sampai mati yaitu kartu sejahtera. Semua kebutuhan dasar masyarakat disubsidi dengan program ini, seperti kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan usaha,” jelasnya.

Bidang pendidikan misalnya. Kata Marten, pihaknya telah menyiapkan dana operasional sekolah. Begitu juga bidang kesehatan, warga diintervensi mendapatkan BPJS Kesehatan dan Program JKN KIS.

Ia mengatakan, dalam menyukseskan program dari lahir sampai meninggal gratis ini tidak hanya mengandalkan APBD Kota Gorontalo, tapi juga perlu ada kolaborasi dan sinergitas program dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi.

“Sehingga masyarakat bisa menggunakan pendapatannya untuk kebutuhan lainnya, tanpa dipusingkan dengan pengeluaran kebutuhan dasar,” lanjut Marten.

Selain itu, dalam kunjungan kerja tersebut, Ia juga membahas mengenai kerja sama dengan Pemda Pohuwato tentang penelitian dan pengembangan pembangunan daerah. Hal ini direspons oleh Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa.

“Dengan mengandalkan potensi laut dan perikanan, saya rasa Kota Gorontalo turut memberikan kontribusi buat ekonomi Pohuwato. Sebab, sebagian besar hasil laut kami dipasarkan di Kota Gorontalo,” ungkap Suharsi.

Ia pun berharap dengan adanya kerja sama ini, kemajuan daerah dalam hal kesejahteraan masyarakat bisa terus terjalin dengan baik.

Diketahui, selain berkunjung ke Kabupaten Pohuwato, rencananya Pemerintah Kota Gorontalo juga akan melanjutkan kunjungan serupa ke Kabupaten Boalemo pada tanggal 27 hingga 28 Desember 2021. Kegiatan dikemas dalam nuansa kekerabatan, dengan mengisi kegiatan hiburan seperti pertandingan ekshibisi sepak bola. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait