Pemkot Gorontalo Terima Penghargaan Terbaik Pelanyan Publik

60DTK, Jakarta – Prestasi gemilang kembali diraih Pemerintah Kota Gorontalo dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) Reformasi Birokrasi RI yang memberikan piagam atas predikat terbaik unit pelayanan publik pemerintah daerah tahun 2020.

Analis Kebijakan Madya kemanpan RB, Fahrul Rizal menjelaskan penghargaan ini sudah sepatutnya diserahkan kepada Pemerintah Kota Gorontalo. Karena dari 121 Daerah, pemerintah kota mendapatkan nilai A, saat menerapkan undang – undang nomor 29 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

“ada 400 unit pelayanan publik yang kita nilai, 200 unit PTSP dan 200 lainnya pelayanan dukcapil. Kota Gorontalo masuk 121 daerah yang penerapannya sangat baik” ungkap Rizal, Kamis (1/4/2021).

Tentu penghargaan itu diberikan setelah melalui beberapa tahap. Mulai indikator – indokator yang dievaluasi, yakni pertama adalah aspek pelayanan pubrik. Kemenpan melihat sejauh mana standar penyusunan dan penetapan pelayanan publik, dengan memberikan kepastian pelayanan dari segi biaya, waktu, syarat dan mekanisme.

Selanjutnya Aspek kepuasan masyarakat, kemudahan atas pelayanan sangat menentukan opini kepuasan pelayanan publik. kemudian lanjut rizal adalah aspek profesioalitas SDM, meliputi kompetensi, kode etik dan pemberian reward dan punisment.

Dinilai Terbaik Berikan Pelayanan Publik, Pemkot Gorontalo Terima Penghargaan
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha (kanan) Menerima Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) Reformasi Biokrasi RI, atas Predikat Pelayanan Publik Terbaik Dalam Pelayanan Publik Tahun 2020, Kamis (1/4/2021). Foto: Istimewa

Aspek berikut adalah ketersediaan sarana dan prasarana pendukung, seperti ruang tunggu, kemyamanan bagi kaum tertentu, ruang lakstasi dan bermain anak. hal ini juga kata rizal adalah aspek yang sangat menentukan terpenuhinya standard pelayanan publik.

Berikutnya, aspek sistem Informasi pelayanan publik. Pada aspek ini Kemenpan RB menilai apakah pemanfaatan website unit pelayanan publik selalu melakukan pemutakhiran data secara terus menerus. kemudian adanya sarana pengelola pengaduan yang bersifat langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga: Patut Dicontoh! Kota Gorontalo Masuk Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya

dan terakhir inovasi yang dibuat, dengan  memanfaatkan teknologi terkait pemberian informasi waktu, biaya dan persyaratan agar masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperoleh pelayanan.

“Kami berharap Kota Gorontalo, terus mempertahankan prestasi ini dan kedepan lebih dapat ditingkatkan lagi,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Gorontalo Marten Taha menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kemenpan RB yang telah memberikan perhatian serius kepada kota Gorontalo dalam mendorong kualitas pelayanan publik didaerah.

“Penghargaan ini tentu akan memotivasi kami di Kota Gorontalo dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi” ujar Marten. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles