Pemkot Usulkan Dana Perbaikan 36 Unit Rumah Terdampak Penataan Kawasan Kumuh

  • Whatsapp
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha didampingi sejumlah jajaran melakukan pertemuan dengan pihak Sarana Multigriya Finansial (SMF) untuk mengusulkan bantuan perbaikan rumah warga terdampak program penataan kawasan kumuh, Jumat (16/12/2022). (Foto: Situs web Pemkot Gorontalo)

60DTK, Kota Gorontalo – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo mengusulkan perbaikan 36 unit rumah warga ke Sarana Multigriya Finansial (SMF), BUMN yang mengurusi bantuan corporate social responsibility (CSR) bagi hunian masyarakat di daerah-daerah.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Gorontalo, Heru Zulkifli Thalib mengungkapkan, puluhan rumah tersebut merupakan bangunan milik warga di sekitar Kelurahan Talumolo, Kecamatan Dumbo Raya, yang terdampak program penataan kawasan kumuh.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Penerima program ini ada syaratnya, yakni hak kepemilikan lahan. Kita pemerintah akan memfasilitasi masyarakat ini agar bisa memiliki hak atas tanah, yaitu berupa sertifikat,” ujar Heru usai mendampingi Wali Kota Gorontalo, Marten Taha bertemu dengan pihak SMF di Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Setelah pengusulan ini, kata Heru, pihaknya akan kembali melakukan identifikasi keterpenuhan persyaratan. Menurutnya, hal ini perlu dipastikan lagi agar para pemilik rumah tersebut bisa mendapatkan bantuan dari SMF.

“Soal pelaksaaan program santorini ini, warga yang rumahnya terdampak proyek akan dipindahkan. Pemerintah menyiapkan hunian sementara untuk mereka. Sebelum mereka pindah, kita sudah siapkan hunian. Tahun ini kan sudah sudah ada tujuh hunian. Kemudian tahun depan itu kita bangun lagi khusus untuk yang mau dipindah,” tandasnya. (rls/adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait