Pemprov Gorontalo Ketat Awasi Kinerja Pegawainya di Masa Pandemi Covid-19

60DTK, Gorontalo – Tidak diragukan lagi upaya Pemerintah Provinsi (Pemrov) Gorontalo dalam melakukan pengawasan kinerja para pegawainya. Hal ini terlihat dari betapa ketatnya regulasi protokol kesehatan, yang ditegaskan oleh Pemprov Gorontalo kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan pemerintahan, maupun di lingkungan sekolah yang ada di Gorontalo.

Melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Gorontalo, Pemprov melakukan pengawasan terhadap para pegawai dengan menggunakan daftar hadir elektronik yang menggunakan sitem koordinat, yang bisa dipindahkan ke rumah-rumah para pegawai.

Baca juga: BPKP Serahkan Laporan Pengawasan Semester 1 Ke Pemprov Gorontalo

“Kami saat ini, apalagi dalam pelaksanaan Work From Home (WFH) itu Kominfo sangat berperan dalam memfasilitasi untuk absen secara elektronik, di mana kalau teman-teman dia sedang WFH tentu kami tinggal memindahkan koordinatnya ke rumah saja,” ungkap Kepala Dinas kominfo, Wahyudin Katili, saat diwawancarai awak media, Selasa (1/09/2020).

Ia mengatakan, hal itu bertujuan agar pemerintah tetap dapat mengawasi para pegawai, meski masih menggunakan konsep WFH di tengah pandemi saat ini.

Baca juga: 2021 Mendatang, Pemprov Gorontalo Prioritaskan Penyelesaian Masalah Genangan Air

“Nah, kalau sekarang mereka umpama kita minta bekerja di rumah untuk menjaga mereka tidak ke mana-mana, maka koordinatnya akan kita pindahkan ke rumah, sehingga meraka terjaga dengan baik. Kita tinggal kontrol paginya masih ada di rumah tidak, siangnya ada di rumah tidak, sorenya ada di rumah, sehingga tinggal efektifitas masing-masing untuk bekerja,” jelasnya.

“Sehingga pelaksanaan WFH bisa dilaksanakan dengan baik oleh teman-teman. Bahkan sekarang di Pemprov bukan hanya pegawai yang ada di struktural di pemerintahan, tetapi teman-teman yang ada di lingkungan SMA/SMK sampai dengan sekarang di bawah Pemprov sudah melakukan absen secara elektronik,” tambahnya. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan