Peringati Hari Pramuka Ke 58, DLHK Gelar Aksi Pramuka Bersih Sampah

  • Whatsapp
Peserta Aksi Pramuka Bersih Sampah yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Gorontalo diberikan arahan sebelum melakukan aksi bersih - bersih, Rabu (14/08). Foto: Istimewa

60DTK – Gorontalo: Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo menggelar Aksi Pramuka Bersih Sampah pada peringatan Hari Pramuka yang ke-58, di Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo, Rabu (14/08).

Kegiatan bakti sosial memungut sampah ini dilakukan oleh anggota Pramuka dari sekolah SMA, SMK, dan MA di dua lokasi yang berbeda yakni; Terminal 42 Andalas dan di komplek Pasar Bulota Kecamatan Sipatana.

Ketua Bank Sampah Pos Daya Tinelo Lipu’u dan juga sebagai Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo Yusni Trisyah Pakaya berharap, masyarakat harus sadar bahwa sampah saat ini bukan menjadi masalah akan tetapi dengan sampah bisa memenuhi kebutuhan.

“Sampah sekarang ini bernilai dan berharga. Jika dipilah dan dijual ke bank sampah yang ada di Gorontalo, harga sampah plastik gelas Aqua Rp. 3.000/Kg dan botol plastik Rp. 7.000/kg”, kata Yusni.

Yusni juga menjabarkan, dengan adanya harga jual sampah ini diharapkan akan berkurangnya volume sampah yang berserakan, terutama sampah plastik yang sulit diurai dalam tanah dan lingkungan. Bank sampah mendorong masyarakat untuk memburu sampah agar bisa ditukar dengan uang.

Dengan kegiatan ini, Camat Sipatana Kota Gorontalo Sofyan Butolo berharap, kegiatan yang dilaksanakan oleh Pramuka Gorontalo ini akan menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Kecamatan Sipatana, khususnya dan masyarakat Provinsi Gorontalo pada umumnya.

Jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan melalui kegiatan ini adalah sebanyak 25 kantong, dan dua tumpukan besar yang dimuat mobil Dinas LH Kota Gorontalo. Sementara Sampah plastik yang terkumpul, langsung dibeli oleh Bank Sampah Pos Daya Tinelo Lipu’u. (adv)

Pos terkait