Pinggiran Jalan GORR Jadi Tempat Pembuangan Sampah

  • Whatsapp
Berbagai macam jenis sampah masih terisi di dalam karung dan kantong plastik menumpuk di pinggir Jalan GOOR di Desa Huidu, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. (Foto: Andi 60dtk)

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Pinggiran jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) di wilayah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, jadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat.

Pantauan awak media, ada beberapa titik yang terdapat banyak sampah, di antaranya di Desa Huidu, Kecamatan Limboto Barat; Kelurahan Biyonga, Kecamatan Limboto; dan Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru.

Bacaan Lainnya
Berbagai macam jenis sampah menumpuk di pinggir Jalan GORR tepatnya di Kelurahan Biyonga, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. (Foto: Andi 60dtk)

Adapun macam-macam sampah yang ada seperti botol minuman energi, gelas dan botol air mineral, kantong plastik, kain tak layak pakai, hingga sampah rumah tangga. Sampah-sampah ini ada yang sudah dibakar, ada juga yang belum dan masih terisi dalam karung maupun kantong plastik.

“Kita tidak ketahui dari masyarakat mana yang membuang sampah di GORR ini. Tiba-tiba saja kita lihat sudah banyak tumpukan sampah,” ujar Plt. Lurah Biyonga, Thalis K. Bina, Senin (27/12/2021).

Menurut Thalis, sampah tersebut dibuang oleh warga pada saat malam hari. Sebab di wilayah Biyonga sendiri, tidak ada masyarakat yang pernah melihat siapa dan dari mana orang membuang sampah secara sembarangan.

“Mungkin mereka bawa di motor atau mobil, jadi setelah mereka buang mereka langsung jalan. Karena sampah ini ada yang sudah diisi di tas, ada juga di karung,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan SDA Kabupaten Gorontalo, Syaiful Kiraman mengakui bahwa wilayah jalan GORR belum masuk jalur angkutan mobil sampah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo.

Alasannya, kata Syaiful, di wilayah jalan GORR tersebut belum ada tempat sampah umum yang sudah ditetapkan. Sebab, hanya tempat sampah seperti ini yang menjadi tujuan mobil sampah untuk mengangkut sampah.

“Karena itu kami mengimbau masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Pemerintah desa dan kelurahan juga harus mendisiplinkan masyarakatnya, supaya tidak ada lagi sampah yang bertebaran,” harapnya.

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait