Pinjam 500 Reagen Kit dari Manado, Laboratorium BPOM Gorontalo kembali Beroperasi

  • Whatsapp
Kantor Badan POM RI Balai Pengawas Obat dan Makanan di Gorontalo. Foto : Istimewa.

60DTK, Gorontalo – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Gorontalo, meminjam 500 reagen kit dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Manado, Sulawesi Utara untuk melanjutkan pemeriksaan swab PCR.

Peminjaman ini dilakukan sambil menunggu bantuan 5.000 reagen kit dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Namun karena terkendala dengan tranportasi, reagen kit baru akan dikirim besok dengan Pesawat Hercules.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Selang waktu antar pengiriman reagen kit dari pusat, kami berusaha meminjam dari BTKL Manado atas persetujuan dari BNPB pusat”, ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Gorontalo dr. Triyanto Bialangi pada konferensi pers, Sabtu (09/05/2020).

“Jadi ada surat rekomendasi dari BNPB sehingga kami dipinjamkan 500 reagen kit untuk pemeriksaan swab PCR di BPOM Gorontako,” tambah dr. Triyanto.

Dengan pinjaman reagen kit dari Manado, Laboratorium BPOM sudah beroperasi kembali sejak kemarin. Dari 20 spesimen yang diuji PSCR, hasilnya satu positif. Hasil tersebut merupakan spesimen dari pasien yang memang sudah terdata sebelumnya.

“Hasilnya tiga sembuh (negatif) dan satu positif. Meskipun positif, itu tidak menambah kasus,” tukasnya.

Sampai saat ini, jumlah kasus corona di Gorontalo berjumlah 19 orang. Untuk pertama kalinya, jumlah kasus sembuh lebih banyak daripada yang dirawat. Dengan rincian 11 dinyatakan sembuh, tujuh dalam perawaran dan satu meninggal dunia. (adv)

Penulis: Kasim Amir
Sumber: Humas.gorontaloprov.go.id

Pos terkait