Pohon Sebagai Objek dalam Karya Seni di Gorontalo

60DTK-GORONTALO: Awalnya, pohon besar di Taman Bermain Anak dianggap tidak berfungsi lagi. Bagimana tidak, pohon yang berada di taman bermain anak Jln. Jaksa Agung Suprapto (dulu Taman Kota) ini sudah ambruk setelah diterjang oleh angin kencang beberapa waktu kemarin.

Sebut saja namanya Iwan, seorang seniman Gorontalo yang memanfaatkan pohon ini sebagai objek seni memahat. Ia melukiskan kisah-kisah zaman dulu dan beberapa tokoh seniman Gorontalo, salah satunya adalah senimas musik Gambus Risno Ahaya dipahat pada pohon ini.

Beberapa kisah zaman dulu di pahat pada pohon yang ada di Taman Bermain Anak, Rabu (24/10/2018). Foto: Fendi/60dtk

Saat ditemui oleh media, Rabu (24/10/2018) Ia mengatakan, keterampilan memahat merupakan satu kebiasaan untuk mereka para seniman Gorontalo khususnya seni pahat. Dari kebiasaan inilah, ia menyalurkan bakat yang dimiliki.

“Seniman itu, apa saja bisa di jadikan sebuah karya yang tak terukur nilainya, tergantung dari diri kita bagaimana kita mengekspresikan sebuah karya menjadi hiburan bagi orang lain,” ungkap Iwan.

Ia menambahkan, dengan pemanfaatan pohon tersebut merupakan wujud baru untuk menghibur para pengungjung yang datang ke Taman Bermain Anak ini.

“Saya pun memamfaatkan pohon besar ini sebagai wadah untuk menjadikan sebuah hal yang baru, apa lagi di taman ini banyak anak-anak yang suka bermain sehingga saya berharap ini akan menjadi hiburan bagi setiap pengunjung yang ada,” tambahnya. (mf)