Presiden Jokowi Optimis Ekonomi Indonesia Akan Bangkit Tahun Depan

  • Whatsapp
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, didampingi Wakil Gubernur, Idris Rahim; Sekdaprov Gorontalo, Darda Daraba; dan seluruh jajaran pimpinan OPD, saat mendengarkan sambutan Menteri PPN, Suharso Monoarfa, pada pelaksanaan Musrenbangnas 2021, Selasa (4/05/2021). (Foto: Salman, Humas Pemprov)

60DTK, Gorontalo – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, bersama jajaran Pemprov Gorontalo, mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nasional tahun 2021 secara virtual bersama Presiden RI, Joko Widodo, Selasa (4/05/2021).

Pembukaan Musrenbangnas tahun 2021 itu disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Bappenas RI, dan diikuti oleh Gubernur Gorontalo dari Rumah Dinas Gubernur.

Bacaan Lainnya
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, didampingi Wakil Gubernur, Idris Rahim; Sekdaprov Gorontalo, Darda Daraba; dan seluruh jajaran pimpinan OPD, saat mendengarkan arahan Presiden RI, Joko Widodo, pada pelaksanaan Musrenbangnas 2021, Selasa (4/05/2021). (Foto: Salman, Humas Pemprov)

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dalam sambutannya menyampaikan, Rencana Kerja Anggaran Pemerintah (RKAP) 2021 akan diarahkan untuk pemulihan sosial ekonomi. Langkah itu diambil untuk mengejar target Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020–2024, yang terancam meleset akibat pandemi covid-19.

Baca juga: Tak Beroperasi Karena Larangan Mudik, 460 Sopir Terima Bantuan Pemprov Gorontalo

“Rencana kerja pemerintah tahun 2021 diarahkan untuk pemulihan sosial ekonomi, guna mengejar target RPJMN 2020–2024. Untuk itu, tema RKAP 2021 adalah mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan, Ia optimis ekonomi Indonesia akan bangkit tahun depan. Ia menyebut, 2021 adalah tahun pemulihan pasca-perekonomian RI dilemahkan oleh covid-19.

“Saya optimis tahun 2021 adalah tahun recovery, tahun pemulihan, dan tahun rebound,” tutur Jokowi.

Baca juga: THR dan Gaji 13 PNS Pemprov Gorontalo Cair Hari Ini!

Oleh karena itu, menurutnya pemerintah harus memiliki strategi percepatan pemulihan ekonomi, sebab baginya, negara yang menang melawan covid-19 adalah negara yang mampu melakukan pemulihan secara cepat.

“Untuk itu, selain kecepatan dalam mengatasi covid, kita juga perlu kecepatan untuk pulihkan kecepatan, untuk recovery. Saya melihat akan menjadi pemenang bukan yang berhasil cepat mengatasi covid, tapi juga negara yang cepat melakukan pemulihan,” tutupnya. (adv)

 

Sumber: Gorontaloprov.go.id

Pos terkait