Punya Dampak Positif, Ini Manfaat Fly Ash Bottom Ash

60DTK, Jakarta – Fly Ash Bottom Ash (FABA) banyak memberi dampak positif dalam dunia industri dan konstruksi. Saat ini FABA menjadi tumpuan dalam mendukung perkembangan dunia insdustri berat seperti di sektor pertanahan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), Wiluyo Kusdwiharto dalam Webinar Pemanfaatan FABA untuk Pembangunan Eknomi, Jumat (9/4/2021).

“FABA tak hanya untuk dijadikan bahan paving block atau batako, tetapi juga untuk industri-industri berat seperti bandara atau konstruksi lainnya,” ujar Wiluyo pada webinar yang berlangsung di Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu.

PT. BPI terus Perjuangkan Pemanfaatan FABA secara Nasional
Komisaris Utama PT. Bukit Pembangkit Innovative (BPI) Sri Andini (tiga dari kanan) menjadi pembicara pada Webinar Pemanfaatan FABA untuk Pembagunan Ekonomi yang berlangsung di Sekretariat PWI Pusat, Jumat (9/4/2021). FotoL Istimewa.

Sementara itu Komisaris Utama PT. Bukit Pembangkit Innovative, Sri Andini mengatakan tidak ada satupun negara di dunia yang mengkategorikan FABA sebagai limbah berbahaya.

Bahkan FABA sudah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dengan nilai eknomi yang cukup. Ia menambahkan sejauh ini pihaknya sudah melakukan uji laboratorium untuk melihat kandungan material di dalam FABA.

“Saat ini baru dua metode pemanfaatan yang dijalankan yaitu sebagai bahan baku semen baturaja dan pembuatan batako (mesin dan peralatan sudah ada di lokasi),” ujar Andini.

Webinar yang mengusung tema “Mengoptimalkan Pemanfaatan FABA untuk Pembangunan Ekonomi” itu terselenggara atas kerjasama PWI dan MKI yang turut dihadiri oleh Pengurus PWI Provinsi. (rds/rls)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles