Ribuan KK di Gorontalo Akan Terima Bantuan Migrasi TV Analog ke Digital

  • Whatsapp
Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo memberikan sosialisasi migrasi TV analog ke digital yang berlangsung di Kantor Lurah Hunggaluwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Senin (16/05/2022). (Foto: Andi 60dtk)

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Lebih dari 46 ribu kepala keluarga (KK) di Provinsi Gorontalo jadi sasaran penerima bantuan alat set top boks (STB) dari Pemerintah Pusat pada tahap pertama migrasi televisi analog ke digital, yang telah dicanangkan sejak 30 April lalu.

Dengan menerima bantuan tersebut, masyarakat bisa menangkap siaran digital dengan gratis.

Bacaan Lainnya

Puluhan ribu warga kurang mampu dan terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) ini tersebar di lima daerah, yakni Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kabupaten Boalemo.

“Kurang lebih ada 46 ribu kepala keluarga sesuai DTKS yang akan mendapatkan penyaluran bantuan STB ini,” ungkap Ketua Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, AW Thalib, Senin (16/05/2022).

Menurut AW Thalib, mengingat begitu banyaknya penerima, penyaluran bantuan STB akan berlangsung secara bertahap. Sebab lainnya, pengiriman alat dari Jakarta ke Gorontalo juga masih terbatas. Di sisi lain, tahap kedua migrasi televisi tersebut baru akan dilaksanakan pada 25 Agustus mendatang.

“Tapi Pemerintah Pusat sudah menjamin bahwa semua masyarakat kurang mampu yang ada sesuai DTKS akan menerima bantuan ini,” terang AW Thalib.

Ia juga menambahkan bahwa para penerima bantuan alat STB tidak perlu repot mengurus persyaratan. Masyarakat tinggal menunggu di rumah saja, nanti petugas yang akan langsung mendatangi mereka.

“Tidak perlu mendaftar dan lain-lain, karena DTKS akan diambil oleh Kominfo kemudian diolah. Jadi setiap STB itu akan ada barcode masing-masing dan tidak akan tertukar,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait