Ridwan Yasin: Kesetaraan Gender Harus Didukung dengan Perencanaan yang Baik

Sekretaris Daerah Gorontalo Utara Ridwan Yasin saat memberikan arahan pada kegiatan evaluasi Pengarustamaan Gender di Kabupaten Gorontalo Utara. Kamis (8/10/2020). (Foto: Arif/Humas).

60DTK, Gorontalo Utara – Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara Ridwan Yasin mengatakan, kesetaraan antara hak laki-laki dan perempuan harus didukung dengan perencanaan yang baik.

Hal tersebut dikatakannya usai menghadiri Rapat Evaluasi Pengarustamaan Gender yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gorontalo Utara di Aula Bappeda, Kamis (8/10/2020).

“Keseimbangan atau kesetaraan (gender) ini harus didukung dengan perencanaan yang baik khususnya bidang penganggaran. Sehingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan, benar-benar mewujudkan kesetaraan,” jelas Ridwan.

Ridwan mengatakan, Pengarustamaan Gender merupakan wujud dari kedudukan atau kesetaraan hal laki-laki dan perempuan di bidang pemerintahan dan pembangunan kemasyarakatan, tidak terkecuali juga di dalam berumah tangga.

“Sehingga yang paling penting akan dibahas pada hari ini, bagaimana pemerintah daerah responsif gender khususnya dalam perencanaan. Bagaimana perencanaan yang baik dapat mewujudkan atau menempatkan antara laki-laki dan perempuan itu memiliki hak yang sama di dalam peran serta pembangunan dan kemasyarakatan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, khusus di Kabupaten Gorontalo Utara kesetaraan hak laki-laki dan perempuan di bidang pemerintah sudah sesuai atau responsif gender. Ia mencontohkan khusus Eselon III dan IV, memberikan porsi yang besar kepada perempuan. Begitu pula dengan staf yang saat ini sudah terangkat menjadi ASN.

“Dan kami juga tadi sudah menyampaikan kepada ibu kadis bahwa nanti kabupaten ini karena memang benar-benar bisa responsif gender dalam segala bidang, saya kira ini menjadi kabupaten yang bisa memberikan contoh kepada kabupaten/kota lain,” pungkas Ridwan. (adv/usm).