Roni Sampir Tegaskan Semua Jenis Vaksin Covid-19 Baik Digunakan

  • Whatsapp
(Ilustrasi: suara.com/pixabay)

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir menegaskan bahwa semua jenis vaksin covid-19 pasti baik untuk digunakan, asalkan penyuntikan dilakukan sebanyak dua kali.

Pasalnya, kata Roni, seluruh vaksin yang masuk dan beredar di Indonesia saat ini telah melalui riset secara ketat dan mendapat izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.

Bacaan Lainnya
Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir. (Foto: Andi 60dtk)

“Semua bagus, mau sinovac, astrazeneca, moderna, semua bagus,” tegas Roni, Selasa (2/11/2021).

Roni mengakui, berdasarkan riset, efikasi (tingkat kemanjuran) setiap vaksin memang berbeda-beda. Contoh, vaksin sinovac memiliki tingkat efikasi sebesar 65 persen, moderna 94,5 persen, dan pfizer 95 persen.

Dari segi bahan baku pembuatan, jelas Roni, semua jenis vaksin rata-rata berbeda. Bahkan, antibodi yang terbentuk setelah penyuntikan juga tidak sama. Untuk vaksin sinovac misalnya, antibodi bisa bertahan selama 6 sampai 9 bulan.

“Tapi pada prinsipnya semua vaksin ini sama, kegunaannya untuk memberi kekebalan tubuh terhadap covid-19,” ujarnya lagi.

Ia juga menyebut bahwa vaksin jadi satu-satunya obat yang ada untuk melawan pendemi covid-19 hingga hari ini. Sehingganya, pemerintah terus menggalakkkan pelaksanaan vaksinasi kepada semua kalangan. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait