RSUD Dr. M.M Dunda Limboto Kini Miliki Alat Endoskopi

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M.M Dunda Limboto kini memiliki alat pemeriksaan Endoskopi. Pemanfaatan alat bernama Endoskop ini telah dilaunching oleh Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto, Kamis (08/04/2021).

“Tadi sudah dilaunching alat untuk endoskopi. Alat itu untuk mendeteksi kelainan di saluran cerna,” keta Hendra usai acara launching alat endoskopi di RSUD Dr. M.M Dunda Limboto.

RSUD Dr. M.M Dunda Limboto Kini Miliki Alat Endoskopi
Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto (kiri) Didampingi Direktur RSUD Dr. M.M Dunda Limboto, Irawan Huntoyungo, Melihat Cara Penggunaan Alat Endoskopi. (Foto: Istimewa)

Hendra berharap, adanya alat endoskop tersebut bisa meningkatkan pelayanan RSUD Dr. M.M Dunda kepada masyarakat. Pasalnya, rumah sakit ini adalah salah satu tempat rujukan banyak pasien, yang letaknya berada di Kabupaten Gorontalo.

“Pelayanan kepada masyarakat itu harus diutamakan. Karena kalau tidak bagus, efeknya juga akan sampai kepada pemerintah,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Direktur RSUD Dr. M.M Dunda Limboto, Irawan Huntoyungo membeberkan, alat pemeriksaan endoskopi ini diberikan oleh pemerintah pusat melalui dana BABun.

“Rumah sakit yang sudah punya alat pemeriksaan ensokopi ini baru disini dengan RSUD Aloe Saboe. Alat medis disini sudah banyak. Selain endoskopi, kita juga ada alat atroskopi, C-ARM, Usg 4d, dan lain-lain,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Gorontalo Jalin Kerjasama dengan Hotel Aryaduta Manado

Ketua IDI Kabupaten Gorontalo itu juga menambahkan, pihaknya selama ini terus melakukan inovasi dan berupaya meningkatkan pelayanan di RSUD Dr. M.M Dunda Limboto. Tujuannya tidak lain untuk membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan kemajuan Kabupaten Gorontalo.

“Beberapa waktu yang lalu RSUD Dr. M.M Dunda Limboto telah membuka pelayanan Athroscopy untuk pasien yang mengalami masalah pada persendian,” tandasnya.

Dikutip dari Alodokter.com, alat endoskop itu digunakan para dokter untuk memeriksa kelainan yang muncul di saluran pencernaan manusia. Bentuknya berupa tabung atau selang panjang, tipis, dan lentur, serta dilengkapi kamera dan senter pada bagian ujungnya.

Kamera dan senter itu berguna untuk melihat keadaan organ tubuh manusia, dan gambarnya akan ditampilkan pada monitor. Selain kamera, endoskop juga bisa dilengkapi dengan peralatan bedah pada ujungnya, untuk melakukan prosedur medis tertentu. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles