Rusli Minta Lomba Pekarangan Pangan Lestari Terus Dilakukan

60DTK, Gorontalo – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie meminta lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang digelar oleh Dinas Pangan Provinsi Gorontalo dalam memeriahkan HUT ke-75 RI, dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Hal tersebut Ia sampaikan usai acara penyerahan hadiah kepada pemenang lomba P2L, yang berlangsung di depan Rudis Gubernur Gorontalo, Rabu (19/08/2020).

“Saya minta ini berkelanjutan. Terus dibina dan dibimbing masyarakat. Berikan mereka kemudahan agar berkelanjutan. Mulai dari poly bag-nya, tanahnya, pupuk organik, diberikan agar masyarakat juga diperhatikan,” pinta Rusli.

Menurut Rusli, kegiatan pemanfaatan pekarangan ini sangat baik. Jika pekarangan dimanfaatkan untuk menanam tanaman pangan, hasilnya bisa sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Oleh karena itu, Ia meminta supaya kegiatan seperti itu tidak hanya dilakukan pada momen-momen tertentu saja, atau karena perintah pimpinan atau kepala daerah. Sebaliknya, Ia justru mengajak masyarakat untuk mengubah mindset terkait pemanfaatan pekarangan.

“Mudah-mudahan bukan karena takut perintah Pak Gubernur, perintahnya Pak Sekda, dan Kepala Dinas kita ikuti. Ini harus keluar dari lubuk hati dan coba rubah mindset kita, menggunakan halaman kita secara berkelanjutan,” harap Rusli. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga