Ryan Kono Instruksikan OPD Terkait Antisipasi Bencana di Musim Penghujan

60DTK, Kota Gorontalo – Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono merasa khawatir dengan kondisi alam saat ini. Curah hujan yang tinggi dan sering turun berjam-jam, jadi rentan dengan bencana seperti pohon tumbang, banjir, dan tanah longsor.

Untuk itu, Ia meminta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas PUPR, dan Dinas Lingkungan Hidup, serta pemerintah kecamatan yang berada di wilayah rawan bencana untuk melakukan upaya tanggap bencana.

Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono. (Foto: Istimewa)

“Yang perlu diwaspadai di musim penghujan seperti ini, terjadinya genangan, pohon tumbang, serta tanah longsor. Untuk itu, saya minta empat OPD terkait mempersiapkan langkah strategis penanganan darurat bencana,” imbau Ryan saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (16/09/2021).

expo

Ia juga mengkhawatirkan luapan air yang mengakibatkan terjadinya banjir, yang diketahui terjadi akibat curah hujan dan penyumbatan saluran.

“Apabila tersumbat karena sampah yang tertumpuk, berdasarkan temuan itu Dinas PUPR dapat berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup mengangkut sampah tersebut,” ucapnya.

“Selain BPBD, peran pemerintah kecamatan juga dibutuhkan untuk memberikan informasi cepat jika terjadi bencana di wilayahnya,” pungkasnya.

Dalam sesi wawancara, Ryan juga mengimbau warga untuk berhati-hati dalam beraktivitas di luar rumah. Alangkah baiknya, kata Ryan, warga berada di rumah ketika terjadi hujan lebat, sambil memperhatikan lingkungan sekitar khususnya yang berada di kawasan perbukitan dan pepohonan.

“Prediksi BMKG akan terjadi musim penghujan hingga tanggal 20 mendatang, meski bukan termasuk provinsi berpotensi cuaca tidak menentu itu, mari kita tetap waspada,” Imbuhnya. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles