Sawit Watch dan Japesda Gelar Pelatihan Advokasi

  • Whatsapp
Direktur Eksekutif Sawit Watch, Indah Fatinaware saat memberikan sambutan di pelatihan advokasi yang digelar bersama Japesda, Sabtu (14/12/2019). Foto: Zulkifli M.

60DTK – Gorontalo: Sawit Watch dan Jaring Advokasi Pengelolaan Sumber Daya Alam (Japesda) gelar pelatihan advokasi kepada mahasiswa, LSM Lingkungan, Mapala, dan komunitas yang bergerak di isu lingkungan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor Japesda pada hari Sabtu (14/12/2019) kemarin.

Direktur Eksekutif Sawit Watch, Indah Fatinaware saat memberikan sambutan di awal pelatihan mengatakan, bahwa sawit watch adalah NGO yang berfokus pada isu perkebunan sawit serta mengadvokasi permasalahannya yang terjadi di dalamnya.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Di Gorontalo sendiri isu perkebunan sawitnya masih kurang muncul ke publik. Padahal pasti ada permasalahan di sana,” ujarya.

Ia juga mengungkapkan, pada tahun 2014 kemarin tim kami sempat ke sini, bekerja sama dengan Japesda untuk mencari tahu permasahalannya yang terjadi. Namun terhenti, mulai saat ini kami akan terus mengawal setiap laporan permasalahan yang muncul dari daerah Gorontalo.

“Pelatihan advokasi ini dibuat agar supaya peserta yang ikut bisa memahami, dan ikut andil dalam mengadvokasi permasalahan yang terjadi,” katanya.

Selaras dengan Indah, Direktur Japesda, Nurain Lapolo juga menuturkan selama ini isu sawit belum menjadi perhatian. Karena keterbatasan isu soal sawit, dan melalui pelatihan ini semoga bisa menjadi modal awal bagi kita semua dalam memahami isu sawit.

“Saya berharap melalui pelatihan advokasi ini banyak yang bisa memahami isu sawti serta pengelolaan advokasinya ketika ada masalah yang muncul,” kata Nurain dalam sambutannya, Sabtu (11/12).

Nurain juga menambahkan, banyak permasalahan yang terjadi di perkebunan sawit yang ada di Gorontalo, tapi pengetahuan tentang sawit masih kurang. Makanya pelatihan ini digelar untuk sama-sama belajar.

Penulis: Zulkifli M.

Pos terkait