Sejumlah OPD Pemkot Gorontalo Dinilai Belum Bekerja Maksimal

  • Whatsapp
Suasana rapat evaluasi kinerja OPD-OPD yang menjadi mitra Komisi B DPRD Kota Gorontalo. Rapat berlangsung di Aula I Kantor DPRD Kota Gorontalo, Selasa (18/01/2022). (Foto: Andi 60dtk)

60DTK, Kota Gorontalo – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo dinilai belum bekerja secara maksimal pada tahun anggaran 2021.

Hal itu terungkap setelah pihak DPRD Kota Gorontalo melaksanakan rapat evaluasi kinerja OPD yang menjadi mitra Komisi B, Selasa (18/01/2022).

Bacaan Lainnya

Adapun OPD yang dimaksud di antaranya adalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Gorontalo, Mucksin Brekat. (Foto: Andi 60dtk)

“Ada beberapa SKPD termasuk DLH dan Dinas Pariwisata yang menurut kami tidak maksimal baik dalam kontribusi peningkatan pendapatan daerah maupun penyerapan anggaran,” ungkap Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Gorontalo, Mucksin Brekat.

Mucksin mengatakan, untuk Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga misalnya, pendapatan asli daerah (PAD) dari tempat-tempat wisata yang berhasil diserap sepanjang 2021 lalu hanya sekitar 50,1 persen. Menurut mereka, capaian ini tidak maksimal.

“Realisasi PAD itu bagian dari kinerja. Kalau kinerja bagus, ada inovasi, akan menghasilkan PAD yang besar,” jelas Mucksin.

Atas dasar evaluasi kali ini, Mucksin meminta seluruh OPD bekerja lebih maksimal di tahun 2022 ini. Ia juga menegaskan bahwa pihaknya akan rutin melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kinerja setiap OPD.

“Secara intens kita akan melakukan evaluasi yang sama di tahun ini,” tutupnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait