Sekda Kota Gorontalo Tinjau Langsung Lokasi Banjir, Ternyata Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid bersama jajarannya saat melakukan peninjauan di beberapa lokasi rawan terjadi banjir di Kota Gorontalo, Senin (21/03/2022). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

60DTK, Gorontalo – Setelah melakukan proses peninjauan di beberapa lokasi yang sering terkena banjir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Ismail Madjid menemukan beberapa faktor penyebab terjadinya banjir.

“Peninjauan di belakang Hotel Aston, jadi memang di lokasi tersebut sebagian saluran air sudah tertutup, itu karena ada penimbunan sebagian lahan yang digunakan. Mulai dari pembangunan rumah dan kegiatan lain sehingga mengakibatkan saluran tersebut tidak berfungsi secara optimal,” ungkap Ismail, Senin (21/03/2022).

Bacaan Lainnya

Ismail pun mengatakan, untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Gorontalo diminta untuk bisa melakukan proses pendekatan dengan pemilik lahan di lokasi tersebut.

“Setelah dilihat, kemungkinan besar ini perlu ada pendekatan dengan pemilik lahan yang ada di dekat saluran itu, agar dapat berpartisipasi untuk merelakan sebagian lahannya guna memperlancar aliran sungainya,” tegasnya.

Sebab menurutnya, apa pun upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam menanggulangi permasalahan banjir yang ada, tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada partisipasi dari masyarakat sekitar.

“Sehingga alternatif yang sangat memungkinkan itu adalah dengan perbaikan saluran yang ada di sekitar kawasan di belakang Hotel Aston, dan juga melalui Kadis PU, itu telah berkordinasi dengan balai sungai untuk menentukan upaya-upaya baik dalam penanganan maupun penanganan dalam jangka panjang,” tutupnya. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait