Sensus Penduduk Tahun 2020, BPS Kabgor Siapkan Aplikasi Online

  • Whatsapp
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gorontalo, Husain Duhengo saat menjelaskan tentang penggunaan aplikasi Online untuk sensus penduduk Kabgor Tahun 2020, Kamis (25/7/2019). Foto: Humas Pemkab Gorontalo.

60DTK – KABGOR – Guna mempermudah sensus penduduk pada Tahun 2020 mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gorontalo saat ini terus mempersiapkan sistem aplikasi online yang dapat digunakan melalui Smartphone Android.

“Jadi kita tidak perlu melakukan pendataan turun dilapangan. Kedepan semua pendataan kita gunakan aplikasi online, lewat Handpone (HP) Android bisa,” Kata Kepala BPS Kabupaten Gorontalo, Husain Duhengo, Kamis (25/7/2019).

Bacaan Lainnya

Meski demikian, belum diketahui nama dan bagaimana cara mendapatkan aplikasi tersebut. Husain hanya memastikan jika pada Tahun 2020 nanti pendataan penduduk akan dilakukan dengan sistem digital.

“Jadi masyarakat setelah dihubungi akan mengisi datanya lewat aplikasi. Sumber datanya kita mengacu kerjasama  dengan Dinas Kabupaten/Kota yakni Dinas Dukcapil dan BKKBN,” ungkap Husain.

Kaitannya dengan hal itu, Ia pun membeberkan alasannya. Menurut Husain, ini dilakukan mengingat seringkali terjadi perbedaan data penduduk antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Capil), BKKBN serta BPS Kabupaten Gorontalo.

Ia melanjutkan bahwa program sensus penduduk dengan sistem online yang akan diterapkan pada Tahun 2020 segera disosialisasikan kepada masyarkat.

“Saya akan melakukan pertemuan dengan Pak Bupati bersama Pimpinan OPD, camat hingga Kepala Desa (Kades) dan Lurah guna persiapan sosialisasi nanti,” tuturnya.

Sementara itu guna mengantisipasi terjadinya kendala penggunaan aplikasi online dan masyarakat yang tidak punya Handphone Android, BPS akan tetap mempersiapkan lembar isian pencacahan manual seperti yang telah digunakan pada tahun – tahun sebelumnya.

“Semoga dengan cara ini pencacahan akan lebih optimal,” tukasnya. (rls/Andi).

Pos terkait