Sikapi Persoalan Sampah di Gorut, Begini Penjelasan Kadis DLH

  • Whatsapp
Pihak Dinas Lingkungan Hidup Gorontalo Utara sedang melaksanakan aksi gerebek sampah di wilayah Kecamatan Tolinggula, Senin (11/07/2022). (Foto: DLH Gorut)

60DTK, Gorontalo Utara – Menyikapi persoalan sampah yang sering dikeluhkan oleh masyarakat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu menegaskan bahwa sampai dengan detik ini pihaknya terus memaksimalkan penanganan terhadap sampah yang ada.

Hal itu pun dibuktikan lewat agenda mootabi kambungu yang diselenggarakan di Kecamatan Tolinggula. Ilyas mengungkapkan, pihaknya sudah melaksanakan aksi gerebek sampah di saluran irigasi yang sudah dipenuhi dengan sampah masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Dalam rangka mootabi kambungu, jadi ada tiga program yang akan dilaksanakan oleh DLH, pertama gerebek sampah, kemudian penanaman pohon di ruang terbuka hijau, berikut sosialisasi tentang lingkungan. Untuk gerebek sampah sudah kita laksanakan kemarin,” jelas Ilyas, Senin (25/07/2022).

Untuk program penanaman pohon, sambung Ilyas, pihaknya memerintahkan kepada setiap kecamatan atau desa untuk menyediakan satu lahan yang akan dijadikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

“Harus desa atau kecamatan sudah ada satu tempat yang dibuat menjadi ruang terbuka hijau (RTH) yang menjadi aset kecamatan atau desa dan itu tidak bisa diganggu gugat oleh siapa pun,” terangnya.

Dirinya pun menegaskan, tujuan dari RTH tersebut untuk memulihkan kembali kondisi lingkungan yang saat ini sudah mulai rusak karena banyaknya aktivitas pembukaan lahan di kemiringan yang sudah melewati batasnya.

“Itu bertujuan agar bagaimana bisa kita menciptakan suasana alam yang sejuk, adem, dan tentunya bisa memberikan efek positif terhadap kehidupan kita saat ini maupun yang akan datang,” tegas Ilyas. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait