Stok Beras Gorontalo Melimpah

0

60DTK – Gorontalo : Stok Beras di Provinsi Gorontalo melimpah. Bahkan Gorontalo termasuk daerah di Indonesia yang mengalami surflus beras. Rata rata produksi di Gorontalo sebanyak 4,8 ton. Berarti ada 133 ton gabah yang setara dengan beras 79 ribu ton. Sedangkan rata-rata kebutuhan masyarakat Gorontalo perbulan hanya 10 ribu ton. Puncak panen di Gorontalo ada pada bulan Desember 2017 dengan luasan panen mencapai 27 ribu hektar.

Sementara stok beras yang tersedia di gudang Bulog Gorontalo saat ini sebanyak 27.500 ton. Stok tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Gorontalo hingga 3 bulan kedepan. Kepastian ini diperoleh setelah Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim melakukan pantauan di gudang Bulog Gorontalo.

“Hasil pantauan kita di gudang Bulog, stok beras Gorontalo aman,” ujar Idris Rahim.

Dalam beberapa hari terakhir ini, merebak isu pelonjakan harga besar di pasaran Gorontalo. Hal itu yang membuat Pemerintah Provinsi Gorontalo melakukan peninjauan langsung ke lapangan.

“Sehingga itu saya minta masyarakat dan pedagang tidak terpengaruh dengan isu-isu, jangan berspekulasi apalagi sampai melakukan penimbunan. Stok beras kita banyak,” tutup Idris Rahim.(rls/rds)

Tinggalkan Balasan