Tenaga Kerja di Kabupaten Gorontalo Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

60DTK – Kab. Gorontalo : Guna meningkatkan produktifitas Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten Gorontalo kembali melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi bagi tenaga kerja di daerah tersebut, Senin (16/03/2020).

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, faktor yang mempengaruhi lambatnya penurunan kemiskinan itu disebabkan oleh produktifitas masyarakat. Sehingganya, berbagai bantuan yang diserahkan selama ini, belum terkelola dengan lebih baik.

“Masyarakat Kabupaten Gorontalo ini besar. Namun jumlah pengangguran terus menurun. Akan tetapi itu tidak dibarengi dengan penurunan angka kemiskinan. Itu disebabkan produktifitas SDM masih rendah. Sehingganya kita melaksanakan pelatihan ini”, jelas Nelson.

Nelson berharap, selepas mengikuti pelatihan tersebut, para peserta bisa meningkatkan keterampilan, dan bisa mendapatkan lapangan kerja sekaligus pendapatan yang tetap.

expo

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Gorontalo Titianto Pauweni menambahkan, pada pelatihan kali ini para peserta dibekali dengan tiga jenis bidang berbeda.

“Mulai dari bidang komputer, servis sepeda motor, dan menjahit pakaian menggunakan mesin”, ungkapnya.

Terkait jumlah peserta pelatihan Titianto mengatakan, setiap tahun terus mengalami peningkatan. Puncaknya terjadi pada Tahun 2019 yang mencapai 580 peserta. Hanya saja untuk tahun ini mengalami sedikit penurunan.

“Hal ini dikarenakan anggaran yang terbatas. Tapi ini sudah kami antisipasi dengan membangun kerja sama dengan BLK dari daerah lain”, pungkasnya. (adv)

Pewarta : Andrianto Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles