Termasuk Daerah Rawan Bencana, Pemkot Harap Sinergitas dengan BMKG Terjaga

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Informasi Hasil Kajian Seismik Kota Gorontalo yang berlangsung di Hotel Aston, Senin (5/12/2022). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

60DTK, Kota Gorontalo – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Ismail Madjid ingin sinergitas antara pemerintah daerah dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bisa terjaga dengan baik.

“Kami harap sinergitas antar Pemerintah Kota Gorontalo dan BMKG terus terjalin dengan baik, termasuk juga dengan BPBD Provinsi Gorontalo,” ujar Ismail Madjid, Senin (5/12/2022).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Harapan Ismail ini dilandasi alasan kuat. Pasalnya, Kota Gorontalo jadi salah satu daerah yang rawan terjadi bencana alam. Dengan adanya hubungan yang baik, Ia meyakini penanggulangan peristiwa bencana di daerah setempat dapat dilakukan secara baik pula.

“Di sisi lain, Informasi BMKG terkait penanggulangan bencana dapat terakomodir sebagai salah satu prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah maupun jangka panjang daerah,” tambahnya.

Lebih jauh, Ia juga memberikan apresiasi kepada BMKG, BPBD Provinsi Gorontalo, serta BPBD Kota Gorontalo karena telah bekerja sama melakukan kajian kerentanan seismik untuk Kota Gorontalo pada tahun 2022.

Diketahui, metoda seismik yang dilaksanakan BMKG bersama BPBD itu merupakan salah satu metode eksplorasi berdasarkan pengukuran respons gelombang seismik (suara). Kajiannya akan mewartakan kondisi lapisan tanah dan berhubungan dengan analisis informasi potensi gempa bumi.

“Informasi dari hasil kajian kerentanan gempa bumi ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Gorontalo,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait