Tingkatkan Ilmu Pengetahuan Siswa, Pemkab Gorontalo Utara Buat Lomba Literasi Desa

60DTK, Gorontalo Utara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo akan menggaungkan Lomba Literasi Desa. Hal ini selain bertujuan meningkatkan pengetahuan para siswa, juga meramaikan perpustakaan yang saat ini dibangun di setiap desa.

Sejak awal, Pemerintah Daerah telah memikirkan agar melahirkan generasi penerus yang berkualitas dengan memperbanyak membaca, salah satunya melalui perpustakaan.

“Dalam waktu dekat ini, Saya akan mengundang Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, kemudian Dinas Pendidikan, guna membahas Lomba Literasi Desa,”ungkap Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu usai mengunjungi perpustakaan Desa Huidu Melit,o Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (05/04/2021).

Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu Memberikan Beberapa Buku Kepada Pengurus Perpustakaan di Desa Huidu Melito
Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu Memberikan Beberapa Buku Kepada Pengurus Perpustakaan di Desa Huidu Melito. (Foto: Pipit Humas)

Terdapat dua hal yang akan dilombakan. Pertama, panitia akan melihat berapa jumlah pengunjung di masing-masing perpustakaan, kedua jenis buku apa saja yang telah dibaca.

“Kedua, lomba menceritakan buku yang telah dibaca, jadi siswa-siswa SD, SMP, SMA yang melakukan kunjungan ke situ, kita akan beri kesempatan, untuk mengulas kembali isi buka yang dibaca, sekaligus mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Baca Juga: Ciptakan Lingkungan Sejuk, Kadis DLH Minta Masyarakat Tidak Buang Sampah Sembarang

Ia berharap, dengan cara seperti ini, bukan hanya nama Gorontalo Utara yang akan harum, juga nama Bangsa Indonesia ditingkat dunia.

“Semoga dengan lomba ini, motivasi para anak didik dalam hal membaca lebih meningkat dari sebelumnya, ini juga diharapkan bisa menjadi contoh bagi semua Desa yang ada, untuk bagaimana bisa terus berupaya melakukan terobosan-terobosan yang bermanfaat bagi para penerus bangsa,” harap Thariq Modanggu. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles