Tumbilotohe Bisa Digelar Jelang Idulfitri, Ini Pesan Wali Kota Gorontalo

  • Whatsapp
Tumbilotohe Bisa Digelar Jelang Idulfitri, Ini Pesan Wali Kota Gorontalo
(Ilustrasi: Sila 60dtk)

60DTK.COM – Tradisi malam pasang lampu atau yang lebih di kenal dengan nama tumbilotohe, akhirnya kembali bisa di laksanakan oleh masyarakat Gorontalo jelang Idulfitri tahun ini.

Hal ini sebagaimana di tegaskan oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha bahwa perayaan malam pasang lampu tahun ini bisa di lakukan dengan alasan adanya kebijakan pemerintah daerah yang melonggarkan seluruh aktivitas masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Seiring dengan adanya pelonggaran kegiatan masyarakat, tentunya Masjid-Masjid sudah bisa laksanakan salat berjemaah, senggol juga sudah bisa kita laksanakan, maka perayaan tumbilotohe kita juga berikan kelonggaran,” ungkap Marten, Rabu (27/04/2022).

Meskipun dilonggarkan, Ia menegaskan bahwa seluruh masyarakat Kota Gorontalo di minta untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan tambahan, yang dapat memicu terjadinya kerumunan di setiap tempat.

“Tetapi tidak bisa melakukan dalam bentuk hura-hura yang mengakibatkan banyaknya kerumunan di berbagai tempat, sehingga susah untuk di kendalikan,” tambahnya.

Selain itu, di perayaan malam pasang lampu tahun ini masyarakat juga diminta untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan pandemi covid-19.

“Dan tetap melaksanakan protokol kesehatan di dalam pelaksanaannya. Jadi tumbilotohe ini kita persilakan, kan pasang lampu di rumah masing-masing, tapi perayaan-perayaan yang mengumpulkan banyak orang itu kita hindari, kita jangan terlalu membuat pertunjukan yang mengakibatkan adanya kerumunan massa, tapi kalau mau pasang lampu silakan. Di jalan, di rumah, dan di kantor, yang penting jangan melakukan sesuatu yang dapat menimbulkan kerumunan, itu yang perlu kita hindari,” tegasnya mantap. (adv)

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait