UMKM Di Kota Gorontalo akan Di Fasilitasi

  • Whatsapp
Walikota Gorontalo Marten Taha menyerahkan bantuan kepada peserta program wirausaha bagi tenaga kerja mandiri melalui pola pendampingan tahun 2018 di Gedung LLK Kota Gorontalo, belum lama ini. Foto : Humas

60DTK – Kota Gorontalo : Setelah mendapatkan penghargaan Natamukti dari Internasional Council For Small Business (ICSB) yang berikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UMKM menjadikan Kota Gorontalo masuk dalam deretan 20 Kota dan 19 Kabupaten penerima penghargaan tersebut.

Ben Idrus selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Kota Gorontalo mengatakan, penghargaan ini bagian kinerja yang selama ini dillakukan oleh pemerintah kota dalam mengembangkan UMKM Kota Gorontalo ke arah yang lebih baik lagi.

Bacaan Lainnya

“indikator yang digunakan dalam penilaian tersebut cukup banyak, utamanya adalah komitmen dari pemda dalam meningkatkan UMKM itu sendiri.” Ujarnya.

Ben mengungkapkan dalam kepemimpinan Marten Taha selaku Walikota Gorontalo, pengembangan UMKM sangat jelas dan telah tertuang dalam dokuemn perencanaan daerah dalam hal ini RPJMD.

“tapi ada temuan kendala yang dialami pelaku UMKM antara lain modal, Manajemen, dan terakhir kemasan produk mereka.”

Menyikapi hal ini, Pemkot akan menyentuh kendala-kendala tersebut dengan memberikan solusi memfasilitasi para pelaku usaha UMKM.

“kebijakan pemkot sendiri sudah ada, dalam memberikan bantuan modal bagi pelaku UMKM sendiri. Dan itu sudah jadi komitmen Pemkot.”ungkap Ben

Selain memberikan modal, Ben juga menjelaskan akan memfasilitasi bagi para pelaku usaha yang tidak memperoleh izin.

“Pemkot akan membantu membuatan perizinan untuk pelaku usaha UMKM tersebut, dan gratis tidak dipungut biaya.”

Dalam hal manajemen usaha pemkot akan melaksanakan pelatihan-pelatihan yang bertujuan agar pelaku usaha dapat berwirausaha dan bisa memanfaatkan IT dalam pemasaran produk mereka.

“untuk masalah produk sendiri, pemkot tidak akan tinggal diam. Kami akan menggandeng ritel modern yang ada di daerah dan mengikutsertakan pelaku usaha beserta produknya untuk ikut dalam pameran.” Tambahnya.(rds)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan