Wagub Gorontalo Imbau Masyarakat Bumikan Alquran di Serambi Madinah

60DTK, Gorontalo – Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo, Idris Rahim mengajak seluruh umat Islam untuk membumikan Alquran di Provinsi Gorontalo yang dikenal sebagai Serambi Madinah.

Hal itu Ia tegaskan saat membuka Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2021 di Asrama Haji Gorontalo, Selasa (22/06/2021).

Wagub Gorontalo, Idris Rahim, saat memberi sambutan pada pembukaan STQH tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2021 di Asrama Haji Gorontalo, Selasa (22/06/2021). (Foto: Haris, Humas Pemprov)

“Membumikan Alquran itu tidak hanya dengan membacanya setiap saat, tetapi juga mengimplementasikan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” kata Idris.

pemuda

Baca juga: Diskominfotik Provinsi Gorontalo Respons Persoalan Domain Instansi Pemerintah

Idris mengutarakan, bagi masyarakat Gorontalo yang mayoritas beragama Islam, Alquran harus menjadi pedoman dan penuntun dalam membina hubungan dengan Sang Maha Pencipta, Allah swt., antara sesama manusia, serta hubungan manusia dengan lingkungannya.

Katanya, hal itu sejalan dengan filosofi masyarakat Gorontalo, yakni adat bersendikan syara dan syara bersendikan kitabullah.

“Semua masalah yang dihadapi manusia, solusinya ada dalam Alquran. Sehingga itu wajib bagi kita untuk berpedoman padanya,” lanjut Idris.

Baca juga: Sekdaprov Gorontalo Buka Rekonsiliasi Data Iuran Wajib PPU Pemda

Lebih lanjut Ia berharap, penyelenggaraan STQH di masa pandemi covid-19 ini tidak menyurutkan semangat peserta dalam mengikuti cabang-cabang yang dilombakan. Idris bahkan menaruh harapan besar, STQH tahun 2021 dapat melahirkan qari dan qariah yang andal dan dapat membawa harum nama Gorontalo di tingkat nasional.

“Pesan saya tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Panitia dan seluruh peserta wajib menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak dan hindari terjadinya kerumunan,” tegasnya.

Sebagai informasi, cabang-cabang yang dilombakan pada STQH tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2021 ini meliputi seni baca Alquran, hafalan Alquran, tafsir Alquran, serta hafalan hadis.

STQH diikuti oleh 69 peserta dari enam kafilah kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo, dan akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 22 hingga 25 Juni 2021. (adv)

 

Sumber: Gorontaloprov.go.id

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles